prospek kerja teknik informatika

5 Kelebihan & Prospek Kerja Teknik Informatika Di Dunia Kerja

Teknik informatika merupakan jurusan yang paling banyak diburu. Hal ini didukung oleh dunia teknologi yang semakin canggih dan maju. Selain dianggap keren dan bergengsi, prospek kerja teknik informatika sangat tinggi karena mempunyai profesi yang beragam. Menariknya lagu, jurusan teknik informatika juga mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Kelebihan Memilih Teknik Informatika

Dibawah ini merupakan beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan menjadi mahasiswa teknik informatika.

Mengikuti Perkembangan Teknologi

Kita semua menyadari bahwa teknologi terus mengalami perkembangan dari masa ke masa yang mana perkembangan tersebut terjadi begitu pesat. Sebagai seorang mahasiswa teknik informatika Anda akan diuntungkan selalu up to date terhadap perkembangan teknologi tersebut. Hal ini terjadi karena erat sekali hubungannya dengan mata kuliah yang Anda tempuh. Dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi maka akan semakin banyak informasi yang Anda dapatkan. Informasi tersebut tentu sangat berguna dalam proses belajar yang Anda jalani.

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Membuat Dan Menggembangkan Software

Bagi Anda yang berkecimpung di bidang IT membuat dan mengembangkan software bukanlah hal yang asing. Mampu membuat software dan melakukan pemrograman merupakan elemen terpenting di bidang ini. Kedua hal ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang mendalami ilmu teknik informatika. Anda yang sedang mendalami ilmu ini akan berkesempatan untuk menciptakan atau mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan oleh banyak orang. Melalui karya tersebut Anda bisa mendapatkan penghasilan sampingan atau bahkan bisa pula Anda jadikan sebagai penghasilan utama.

Menciptakan Perangkat Keras

Menjadi seorang mahasiswa IT bukan hanya berfokus pada perangkat lunak namun juga fokus pada perangkat keras. Komputer merupakan benda wajib yang harus dimiliki oleh mahasiswa IT. Dengan demikian, Anda akan merasa familiar terhadap komputer dan komponennya. Hal ini dapat pula Anda jadikan peluang untuk menambah penghasilan yaitu dengan merakit perangkat keras sendiri.

Biasanya perangkat keras yang dirakit akan berbeda dengan rakitan pabrik. Hal ini dikarenakan perangkat tersebut dirakit secara khusus sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya komputer untuk pribadi, perkantoran dan berbagai macam lainnya.

Memahami Cara Kerja Komputer

Hampir semua orang kini telah terbiasa menggunakan komputer, namun demikian tidak semuanya paham dengan bagaimana cara kerja komputer tersebut. Inilah yang akan menjadi kelebihan menjadi mahasiswa IT karena Anda lebih paham cara komputer memproses informasi pada sistem yang digunakan.

Berbekal dari pengetahuan tersebut Anda akan dapat mengembangkan atau bahkan berinovasi menciptakan sistem baru. Hal ini tentu sangat menarik, apalagi jika inovasi yang Anda buat dapat bermanfaat bagi orang lain.

Dapat Memperbaiki Komputer Sendiri

Seringkali komputer yang kita gunakan mengalami kendala atau kerusakan yang sebenarnya tidaklah fatal. Namun, karena keterbatasan pengetahuan mengenai komputer maka kita memerlukan bantuan orang yang ahli dibidang tersebut. Bagi Anda yang berkecimpung di bidang IT tentu akan bisa mengatasi permasalahan tersebut sendiri sehingga dapat menghemat pengeluaran.

Sekolah IT Unggulan

IDS College adalah pilihan terbaik untuk melanjutkan pendidikan tinggi ilmu informatika. Semua jurusan yang dibuka merupakan jurusan yang tinggi prospek kerjanya. Jurusan yang dibuka yaitu Cyber Security (CS), Mobile Apps & Games Development (MAG), dan Software Development (SD).

Anda akan berkesempatan untuk magang di perusahaan atau startup yang menjadi rekan IDS College. Dengan demikian, pengalaman Anda akan bertambah dan lebih siap dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Anda pun juga akan diberikan bekal menggunakan pendekatan real world project dan bimbingan formal maupun non formal.

Author: Bisnis