kualitas semen

3 Jenis Takaran Semen dan Pasir Untuk Bangunan Kokoh

Bahan utama yang utama perlu Anda sediakan adalah semen dan pasir. Kedua material ini sangat dibutuhkan untuk sebuah pondasi. Biasanya, kedua bahan ini akan dicampur secara bersamaan untuk pemasangan batako, batu bata, plester dinding dan juga bata ringan. Hanya saja, kedua bahan ini memiliki takaran tersendiri dalam pencampurannya agar menghasilkan kualitas semen yang baik untuk digunakan. Setiap takaran juga memiliki fungsinya sendiri-sendiri sesuai dengan fungsi yang diinginkan.

Akan tetapi, bukan hanya takaran saja yang berbeda-beda. Bahkan metodenya pun ada bermacam-macam agar menghasilkan kualitas semen yang baik. Berikut ini, beberapa campuran semen dan pasir untuk berbagai keperluan pembangunan hunian Anda.

kualitas semen
kualitas semen

1. Untuk memasang batako dan batu bata

Memasang batako dan batu bata memang tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan takaran campuran antara semen dan pasir yang pas. Ada dua macam takaran yang digunakan dalam hal pemasangan batako ini:

  • Untuk membuat dinding dimana dinding tersebut tertanam di tanah. Gunakan perbandingan 1:4 antara semen dan pasir.
  • Untuk membangun dinding yang berada di atas tanah. Gunakan 1 takaran semen dicampur dengan 6 takaran pasir

2. Untuk plester

Plester dimaksudkan untuk melapisi dindin ataupun lantai yang telah dibangun. Fungsinya agar permukaan rata dan bangunan terlihat rapi serta kokoh.

Perbandingan yang digunakan untuk membuat plester adalah 1 takaran semen berbanding 4 takaran pasir, untuk bangunan yang tertanam di tanah. Dan juga perbandingan 1:6 untuk bangunan yang berada di permukaan tanah.

3. Untuk beton

Takaran yang ketiga dimaksudkan untuk pembuatan beton. Takarannya sederhana dan sudah terbukti banyak digunakan. Yaitu 1 takaran semen berbanding 2 takaran pasir dan 3 takaran untuk split. Jenis takaran sudah terbukti menghasilkan beton yang kokoh dan tahan lama.

Ketiga jenis takaran di atas bisa menjadi acuan Anda untuk membuat konstruksi rumah dan juga melakukan perhitungan budget untuk pembangunan hunian. Jangan lupa untuk selalu memilih kualitas semen terbaik dan sudah dipercaya selama puluhan tahun seperti semen Tiga Roda. Menggunakan semen jenis ini akan membuat bangunan Anda kokoh selamanya.

Author: rizkyaditia