Tempat Print

Jenis Kertas Terbaik di Tempat Print Snapy

Kita sudah tau bahwa hampir semua kegiatan pribadi, sekolah, organisasi hingga perusahaan pasti membutuhkan kertas. Kegunaan kertas cukup beragam di segala aktivitas baik untuk mencatat informasi atau melakukan transaksi. Seperti halnya di tempat print Snapy yang menyediakan beragam jenis kertas yang banyak digunakan untuk mencetak. 

Selain itu, kegunaan kertas juga biasa untuk mencetak koran, katalog, majalah hingga buku. Bisa juga untuk keperluan promosi usaha seperti membuat kartu nama, banner, spanduk atau paper bag. Maka sangat penting untuk mengetahui beragam jenis kertas yang biasa digunakan pada tempat print Snapy sehingga Anda tidak akan salah memilih kertas ketika hendak mencetak. 

Tempat Print
Tempat Print

Berikut di bawah ini beberapa jenis kertas yang biasa digunakan dalam bisnis percetakan :

1. Kertas HVS

Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis kertas yang satu ini. Ya, kertas HVS paling banyak digunakan untuk keperluan sekolah maupun kantoran seperti membuat tugas sekolah, makalah, laporan kerja hingga untuk mencetak buku. Kertas yang memiliki tekstur tipis, halus berwarna putih ini tersedia berbagai pilihan ketebalan mulai dari 60 gsm, 70 gsm 80 gsm dan 100 gsm. Ukuran ketebalan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

2. Karton BW

Karton BW memiliki tekstur yang halus, putih dengan ketebalan 240 gsm. Sama seperti kertas HVS, untuk jenis kertas yang satu ini juga cocok digunakan untuk keperluan menulis menggunakan pulpen. Selain itu, Karton BW juga dapat digunakan untuk keperluan mencetak undangan. Map hingga sertifikat.

3. Art Paper

Kertas yang memiliki tekstur licin, halus, putih serta mengkilap ini memiliki pilihan ketebalan 120 gsm dan 150 gsm, lebih tebal bila dibandingkan kertas HVS. Art paper lebih banyak digunakan untuk keperluan mencetak poster, majalah, brosur atau bagian buku yang membutuhkan gambar detail. Tampilan art paper ini terlihat luxury karena terdapat laminasi dov maupun glossy yang dapat membuat kertas tersebut mengkilap.

4. Art Carton

Sama halnya dengan Art paper, untuk jenis Art Carton juga memiliki tekstur yang licin, putih mengkilap. Hanya saja memiliki ukuran ketebalan yang berbeda yaitu 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm. Ukuran kertas nya yang tebal ini maka Art Carton banyak digunakan untuk keperluan mencetak cover buku, cover majalah, kartu nama, undangan, hingga box produk.

5. Book Paper

Ciri khas dari book paper adalah teksturnya yang sedikit kasar cenderung halus, tipis, ringan dan berwarna kekuningan. jenis kertas yang satu ini kurang bisa menghasilkan warna yang tajam ketika dicetak maka dari itu lebih banyak digunakan untuk keperluan mencetak yang bersifat full text. Tujuan dari pembuatan kertas ini supaya pembaca bisa lebih nyaman ketika membaca buku tersebut.

6. Linen Jepang

Linen Jepang merupakan jenis kertas yang memiliki tekstur halus, licin dan bentuk permukaan depannya seperti kain. Ukuran ketebalan dari kertas ini adalah 240 gsm. Biasa digunakan untuk keperluan mencetak kartu nama dan sertifikat karena tekstur permukaan kertas yang seperti kain, hanya saja memiliki sedikit varian warna sehingga terkesan monoton.

7. Concorde

Kertas Concorde memiliki tekstur yang kasar cenderung halus dengan permukaan timbul seperti membentuk garis. Bisa juga digunakan untuk membuat sertifikat atau surat penting lainnya. Berbeda dengan kertas Linen Jepang, pada Concorde terdapat banyak pilihan warna yang soft.

8. Jasmine

Ada juga kertas Jasmine dengan tekstur yang licin, halus serta mengkilap. Uniknya, permukaan kertas ini terlihat seperti ada partikel emas dengan beragam variasi warna. Biasa digunakan untuk membuat kartu ucapan maupun undangan. 

Itulah beberapa Jenis kertas yang biasa digunakan untuk keperluan percetakan. Anda bisa mencetak dengan menggunakan pilihan kertas yang beragam dengan hasil cetakan yang berkualitas di tempat print Snapy. Harga print nya sendiri akan berbeda-beda tergantung jenis kertas nya. Anda bisa mengecek nya di sini 

Author: Bisnis