usia janin

Perkembangan Usia Janin Dalam Kandungan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehamilan memang menjadi suatu hal yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri serta keluarga di sekitar. Karena telah tumbuh calon buah hati yang nantinya akan menjadi generasi penerus keluarga. Ketika Bunda dipastikan hamil maka minggu-minggu tersebut termasuk dalam minggu yang paling penting karena organ vital mulai terbentuk.

Menurut bidan Sela yaitu bidan di Bandung bahwa di usia janin 1 sampai 5 minggu, janin tersebut sedang bertumbuh seukuran 5 sampai 7 mm atau sebesar butiran beras. Bunda yang sedang hamil harus benar-benar menjaga diri dari hal-hal yang bisa berdampak negatif. Misalnya, menjauhi asap rokok ataupun asap polusi kendaraan dan mengkonsumsi alkohol. jika perlu, gunakan masker apabila keluar rumah ya, Bun.

usia janin
                                                                                       usia janin

Perkembangan Usia Janin Mulai dari Usia 1 Sampai 5 Minggu

Ketika Bunda memasuki pada periode kehamilan usia janin 1 sampai 5 minggu, maka Bunda perlu mengkonsumsi makanan bergizi tinggi guna untuk mencukupi kebutuhan kalori yang terus meningkat 180 (kkal) setiap hari. Di trimester awal, umumnya Bunda belum begitu terasa.

1. Minggu Pertama Masa Kehamilan

Dalam hal ini menghitung usia kehamilan dimulai dari hari pertama yaitu menstruasi terakhir sebelum akhirnya menstruasi bisa dikatakan terlambat. Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa pada minggu pertama dan kedua, sebenarnya Bunda belum bisa dipastikan mengalami kehamilan.

2. Minggu Kedua Masa Kehamilan

Setelah memasuki minggu kedua kehamilan, sel yang dimiliki embrio jumlahnya kurang lebih 150 sel yang membentuk tiga lapisan, yaitu endoderm, mesoderm, dan ektoderm. Lapisan-lapisan yang dibentuk oleh sel inilah yang akan menjadi berbagai organ serta bagian tubuh dari bayi, seperti otot, tulang, jantung, sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan sistem saraf.

3. Minggu Ketiga Masa Kehamilan

Di minggu ketiga ini, embrio berhasil menempel dengan sempurna pada rahim. Bunda harus tau bahwa di masa ini, embrio masih melakukan pembelahan serta perbanyakan sel, maka dari itu belum berbentuk seperti embrio atau bayi. Karena lapisan terluar dari embrio akan membentuk plasenta atau ari-ari.

4. Minggu Keempat Masa Kehamilan

Disini jantung janin sudah terbentuk dan mulai berfungsi dan pembuluh-pembuluh darah sudah memiliki aliran darahnya sendiri. Bahkan, sudah mulai membentuk tangan dan kaki.

5. Minggu Kelima Masa Kehamilan

Tangan bayi sudah mulai tumbuh dan juga terbentuk, akan tetapi masih tidak berbentuk seperti tangan, masih rata tanpa jari-jari.

Author: rizkyaditia