Blogger perempuan indonesia

Perbedaan Reksadana Syariah dan Konvensional

Reksadana merupakan produk investasi yang dikeluarkan oleh bank dan kini kian berkembang pesat. Reksadana Syariah menjadi produk alternatif bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar penduduknya beragama Islam. Solusi produk perbankan, memberikan penawaran berbeda dengan konvensional yang sebagian besar menggunakan sistem riba. Namun, karena namanya sama, yaitu Reksadana sebaiknya Anda mengenali perbedaan Syariah dan konvensional atau Reksadana biasa.

Ciri-ciri yang membedakan produk Reksadana Syariah dibandingkan konvensional, antara lain:

1. Terdaftar dalam Daftar Efek Syariah

Reksadana konvensional tercantum pada Daftar Efek Biasa. Sementara, yang syariah harus ada dalam Daftar Efek Syariah (DES). Sebuah lembaga yang mengatur penjualan dan pembelian produk investasi syariah. Tidak semua Reksadana akan masuk dalam daftar DES ini. Bank yang mengeluarkan produk dan namanya produknya harus ada ijin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lembaga yang mengatur semua organisasi keuangan di Indonesia. Dengan demikian, perusahaan yang terdaftar di DES akan terjamin keamanannya.

Reksadana Syariah
Reksadana Syariah

2. Berada dalam Pengawasan Dewan Pengawas Syariah

Bank yang sudah terdaftar dalam Daftar Efek Syariah tidak hanya berada dalam pengawasan OJK. Bank ini juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Semua produk Reksadana dengan prinsip syariah terawasi kehalalannya.

3. Ada Proses Cleansing

Apa itu proses Cleansing? Proses cleansing adalah proses membersihkan riba dari modal yang dititipkan. Jadi, dana pemilik modal tidak otomatis keuntungannya kembali ke rekening. Dana disalurkan terlebih dahulu untuk berbagai proyek amal. Riba mungkin saja masih ada mengingat dana tetap mengendap beberapa saat dalam bank umum atau bank kustodian. Meski, sebagai pemilik modal mengharapkan keuntungan, diharapkan cara syariah dapat menghasilkan keuntungan yang lebih berkah.

Banyak bank yang menawarkan produk Reksadana berbasis Syariah, Manulife salah satunya dan termasuk terpercaya. Perusahaan yang lebih dikenal dengan perusahaan asuransi ini telah lama membuka lini syariah. Cara untuk ikut berinvestasi di Reksadana Syariah Manulife mudah. Anda tinggal membuka website Manulife dengan nama Manulife Klikmami. Di sini berbagai produk yang akan dibeli banyak tersedia. Harga yang ditawarkan juga sangat murah. Anda dapat berinvestasi hanya dengan modal Rp10.000,00 lho! Caranya juga sangat mudah. Anda dapat melakukan transaksi secara online. Bahkan, beberapa gerai supermarket telah bekerjasama dengan Manulife untuk mempermudah pembayaran Anda. Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut tentang produk Reksadana atau yang lainnya, gunakan saja fitur chat yang tersedia. Customer service yang bertugas siap melayani Anda dengan fast respon.