Mengintip Seberapa Pentingnya Nutrisi Tumbuh Kembang Anak

Asupan nutrisi sangat penting untuk mendukung tumbuh dan berkembangnya anak-anak. Kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak juga berbeda-beda sesuai dengan usianya. Asupan nutrisi untuk si kecil harus memenuhi syarat dari segi gizi maupun cara pemberiannya.

Salah satu alasan kenapa asupan nutrisi sangat penting untuk diperhatikan bagi anak-anak, karena kebutuhan nutrisi anak dua kali lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi orang dewasa.

Pemberian Nutrisi Stimulasi Anak

Seperti yang kami singgung sebelumnya, pemberian nutrisi pada anak-anak harus sesuai dengan usianya. Selain nutrisi, orangtua juga harus memperhatikan stimulasi anak. Karena nutrisi dan stimulasi adalah dua hal penting yang membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Perkembangan anak-anak mencakup ke dalam beberapa aspek penting. Aspek penting tersebut yaitu emosi, kognitif, sosial, dan juga perkembangan fisik mereka. Bahkan para peneliti juga sudah memasukkan bahasa, kemandirian, dan juga moral ke dalam cakupan perkembangannya.

Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Perlu Anda ketahui, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang kecerdasan dan kesehatan si kecil. Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya:

  • Kecerdasan anak
  • Tumbuh kembang kesehatan
  • Faktor asupan gizi
  • Pelayanan kesehatan
  • Faktor lingkungan
  • Faktor perilaku
  • Kesempatan memperoleh stimulasi tumbuh kembang
  • Istirahat yang cukup
  • Lingkungan keluarga yang positif

Selain itu, ada juga hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi anak hingga usia 6 bulan. Energi dan nutrisi tersebut bisa mereka dapatkan dari pemberian air susu ibu atau ASI.

Selain itu, si kecil yang sudah berusia 6 bulan ke atas, juga sudah bisa memperoleh asupan nutrisi dari makanan padat. Meski begitu, makanan padat yang bisa mereka konsumsi baru sebatas MPASI atau makanan pelengkap ASI seperti bubur atau makanan lembek lainnya.

Asupan Nutrisi Anak yang Harus Diperhatikan

Untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak, berikut kami jelaskan asupan nutrisi penting yang harus diperhatikan saat masa tumbuh kembangnya.

1.      Makanan Pokok

Makanan pokok yang kami maksud adalah makanan yang menyediakan energi dan sedikit protein. Contohnya seperti golongan serealia seperti beras, gandum, jagung, atau bahkan quinoa.

2.      Asupan ASI

Anak-anak wajib mendapatkan ASI. Pasalnya ASI mampu memberikan energi dan juga nutrisi berkualitas tinggi.

3.      Asupan Makanan Hewani

Ada banyak makanan hewani yang bagus untuk anak-anak. Makanan hewani umumnya menyediakan kandungan protein tinggi dan juga berkualitas. Selain itu, makanan hewani juga kaya akan vitamin. Contohnya seperti daging merah, ikan, telur, hingga daging ayam.

4.      Produk Susu

Selain air susu ibu atau ASI, anak-anak juga membutuhkan asupan produk susu. Khususnya untuk jenis susu yang bagus untuk mendukung tumbuh kembang anak. Selain susu, juga produk olahan susu lainnya seperti yogurt dan juga keju.

5.      Makanan dari Sayuran

Sayuran adalah makanan terbaik yang kaya akan nutrisi. Contohnya seperti sayuran hijau dan juga yang berwarna orange Makanan ini menyediakan aneka vitamin dan juga kandungan mineral lainya.

6.      Makanan Dari Kacang-Kacangan

Kacang adalah makanan yang kaya akan protein berkualitas sedang. Selain itu, aneka kacang-kacangan juga juga kaya akan energi, zat besi. Adapun jenis kacang-kacangan yang bagus seperti lentil, kacang polong hitam, kacang merah, dan sebagainya.

7.      Biji-Bijian

Makanan dari biji-bijian juga menyediakan banyak energi. Beberapa di antaranya seperti pasta kacang tanah atau pasta kacang jenis lainnya. Contoh lainnya seperti bunga matahari, wijen, dan masih banyak lainnya.

Demikian pentingnya nutrisi tumbuh kembang anak dan asupan nutrisi apa saja yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: Informasi seputar nutrisi tumbuh kembang anak yang bagus untuk si kecil di masa tumbuh kembang. Simak apa saja jenis nutrisinya dan juga makanan-makanan bernutrisi tinggi. 

Author: Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published.