Cara Bayar Tagihan PDAM Online di Bank Sinarmas

Dewasa ini, pengguna PDAM di Indonesia sudah semakin banyak. Selaku salah satu perusahaan besar di Indonesia, PDAM juga saat ini sudah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyediakan channel bayar tagihan PDAM online untuk memudahkan para konsumen yang sudah lama menggunakan layanannya.

Salah satunya adalah melalui pembayaran online via aplikasi mobile banking dari Bank Sinarmas, yaitu SimobiPlus. Ingin tahu caranya? Yuk, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1.     Unduh Aplikasi SimobiPlus

Pertama-tama, silahkan Anda unduh terlebih dahulu aplikasi SimobiPlus. Aplikasi mobile banking ini merupakan aplikasi resmi dari Bank Sinarmas. Aplikasi sudah tersedia untuk sistem operasi iOS maupun Android. Silahkan Anda pilih sesuai sistem operasi smartphone yang Anda gunakan.

bayar tagihan pdam online
bayar tagihan pdam online
  1.     Login ke Aplikasi

Setelah Anda mengunduhnya, Anda belum bisa menggunakannya sebelum login ke aplikasi. Untuk login, Anda harus menjadi nasabah Bank Sinarmas terlebih dahulu. Setelah mendapatkan ID dan password, silahkan Anda login ke dalam aplikasi untuk menggunakannya.

  1.     Pilih Menu Pembayaran

SimobiPlus merupakan aplikasi pembayaran digital yang memiliki banyak sekali pilihan menu pembayaran di dalamnya. Silahkan Anda cari menu pembayaran PDAM, kemudian pilih menu tersebut untuk membayar tagihan PDAM Anda.

  1.     Pastikan Saldo Mencukupi

Untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM, pastikan saldo Anda mencukupi. Karena, pembayaran akan memotong saldo yang ada di dalam rekening Anda. Setelah itu, silahkan isi informasi pembayaran.

  1.     Isi Informasi Pembayaran

Dalam menu pembayaran, akan ada jumlah kolom informasi yang harus Anda isi. Misalnya seperti informasi id atau nomor konsumen PDAM Anda. Setelah itu, silahkan pastikan apakah tagihan sesuai dengan nama Anda atau tidak. Jika sudah sesuai, silahkan Anda selesaikan proses pembayaran.

  1.     Selesaikan Transaksi

Setelah tagihan Anda keluar dan sesuai, silahkan langsung saja melakukan proses pembayaran via aplikasi. Setelah saldo terpotong, dan transaksi berhasil, itu artinya pembayaran Anda sudah selesai.

Alternatif Pembayaran PDAM Offline Bank Sinarmas

Selain pembayaran secara online, Bank Sinarmas juga menyediakan alternatif pembayaran lain, yaitu via offline. Ada dua metode yang bisa Anda gunakan. Adapun kedua metode tersebut adalah sebagai berikut:

  1.     Melalui Mesin ATM

Saat ini, mesin ATM sudah tidak hanya digunakan untuk transfer, dan tarik tunai saja. Bahkan, menu yang disediakan pada ATM saat ini sudah tergolong cukup lengkap. Salah satunya adalah menu pembayaran, seperti pembayaran PDAM.

Silahkan Anda kunjungi mesin ATM Bank Sinarmas terdekat. Setelah itu, jangan lupa masukkan kartu ATM-nya. Lalu, silahkan Anda cari menu pembayaran, kemudian pilih pembayaran PDAM.

Ikuti langkah-langkah pembayarannya hingga selesai. Pembayaran dilakukan dengan cara memotong saldo di rekening Anda.

  1.     Via Teller

Untuk Anda yang memiliki tempat tinggal dekat dengan kantor Bank Sinarmas terdekat, bisa langsung melakukan pembayaran via teller di kantor cabang tersebut. Silahkan Anda kunjungi teller-nya, lalu sampaikan maksud dan tujuan Anda.

Berikan informasi jelas seperti nama, atau identitas konsumen Anda di PDAM. Setelah tagihan keluar, silahkan Anda bayar langsung uang di teller, dan pembayaran PDAM pun selesai diproses.

Kesimpulan

Hadirnya layanan mobile banking saat ini membantu masyarakat untuk mempermudah proses pembayaran melalui sistem digital. Salah satunya yaitu pembayaran PDAM yang sudah tidak perlu lagi diproses melalui loket-loket pembayaran. Artinya, Anda bisa membayarnya di mana saja dan kapan saja.

Demikian informasi seputar cara-cara bayar tagihan PDAM online di Bank Sinarmas. Sebagai informasi tambahan, layanan ini tidak hanya untuk pembayaran PDAM saja, bahkan untuk pembayaran-pembayaran lainnya juga. Semoga bermanfaat.

Author: Bisnis