Blogger perempuan indonesia

Berlian Termahal di Dunia yang Tidak Dijual di Toko Berlian

Berlian merupakan batu yang terbentuk dari karbon yang berasal dari gunung berapi yang terdapat di bawah permukaan bumi dengan suhu yang sangat tinggi dan kemudian terbawa naik ke permukaan bumi bersama dengan letusan vulkanik. Melalui proses itulah terbentuk berbagai macam berlian yang kemudian dijual pasaran dan berada di toko berlian dengan harga yang variatif, tapi relatif mahal.

Mahalnya sebuah berlian tidak hanya diukur berdasarkan karatnya saja, tapi terdapat aspek lain yang akan sangat menentukan nilai sebuah berlian. Aspek ini dikenal dengan istilah 4C yaitu Carat (karat), Clarity (kejernihan), Color (warna), dan Cut (potongan). Keempatnya akan sangat mempengaruhi nilai harga sebuah berlian.

Apabila kamu seseorang yang sangat menggemari berlian. Perlu kamu ketahui bahwa di dunia ini terdapat sejumlah berlian dengan harga yang sangat mahal. Bahkan beberapa diantaranya tidak ternilai harganya karena memiliki kualitas yang sangat tinggi dan memiliki nilai sejarah yang sangat penting. Berikut ini sejumlah berlian termahal di dunia yang tidak akan kamu jumpai di toko berlian.

Toko Berlian
Toko Berlian

  • Koh-i-Noor

Berlian yang pertama adalah berlian dengan 105 karat bernama Koh-i-Noor yang berarti gunung cahaya. Berlian ini berasal dari Golconda, India dengan warna putih yang cerah dan cemerlang. Berlian ini pun sudah sering berpindah tangan mulai dari penguasa Sikh, Mughal, dan Persia yang pernah saling berperang.

Kemudian pada tahun 1850, berlian ini disita oleh British India Company dan menjadi salah satu properti berharga yang dimiliki kerajaan Inggris dan dipamerkan di menara London. Dengan bentuk yang sempurna dan juga nilai sejarah yang dimilikinya, maka berlian ini tidak ternilai. Namun ada yang mengatakan bahwa berlian ini bernilai lebih dari 1 miliar euro atau setara dengan Rp 15,9 triliun.

  • Sancy

Selanjutnya berlian dengan 55,23 karat dengan warna kuning pucat yang juga sudah berkali-kali berganti pemilik. Nama berlian ini diambil dari gelar Nicolas de Harlay yaitu Seigneur de Sancy yang merupakan seorang tentara dan diplomat Prancis abad ke-16.

Berlian ini sangat bernilai pada bagian potongannya yang sangat simetris, berbentuk sepasang mahkota pada setiap sisinya. Tidak heran jika berlian ini masuk dalam koleksi permata kerajaan Prancis dan dipamerkan di Museum Louvre. Sayangnya berlian ini tidak bernilai harganya karena bentuknya yang unik, langka dan memiliki nilai sejarah yang cukup penting.

  • De Beers Centenary

Berlian yang satu ini tergolong dalam berlian level D menurut Gemological Institute of America. Level tersebut berarti level tertinggi untuk berlian yang tidak memiliki warna, tanpa cacat baik luar ataupun dalam.

Berlian ini bernilai 273,85 karat dengan berat 54,77 gram dan merupakan berlian ke-3 terbesar yang pernah diproduksi oleh De Beer’s Premier Mine dengan harga USD 100 juta atau setara dengan Rp 1,4 triliun. De Beers Centenary sempat dipamerkan di menara London selama beberapa tahun dan kemudian dibeli oleh seseorang yang identitasnya dirahasiakan hingga sekarang.

  • Hope

The Hope Diamond ini berukuran 45,52 karat dengan berat 9,10 gram. Berlian ini memiliki karakter yang unik dibandingkan berlian lainnya. Apabila dilihat dengan mata telanjang, berlian Hope ini berwarna biru, tapi jika disinari dengan sinar ultraviolet warnanya akan berubah menjadi merah.

Namun, mitos mengatakan bagi siapapun yang memiliki berlian ini akan bernasib buruk. Legenda juga berkata bahwa berlian ini dicuri dari sebuah patung Hindustan, ketika pendeta Hindustan mengetahui hal tersebut, ia langsung mengutuk siapapun yang memiliki berlian tersebut.

Berlian yang memiliki warna eksotis ini berharga USD 350 juta atau setara dengan Rp 4,9 triliun dan dipamerkan di Smithsonian Museum of Natural History di Washington, Amerika Serikat.

Berikut tadi sejumlah berlian termahal di dunia, bahkan diantaranya tidak ternilai harganya karena nilai sejarah dan bentuk keunikannya. Sejumlah berlian tersebut tentu tidak akan kamu temui di toko berlian mana pun dan hanya dipamerkan di museum.