Blogger perempuan indonesia

Membuat RAB Agar Mengetahui Estimasi Biaya Bangun Rumah

RAB atau Rencana Anggaran Biaya merupakan perkiraan besar biaya pembangunan pada masing-masing perkembangan atau proyek konstruksi. Jadi melalui RAB ini, Anda bisa mengetahui berapa kira-kira besar biaya bangun rumah yang dibutuhkan sejak awal hingga akhir pembangunan. Membuat RAB sangat penting untuk dilakukan karena berguna sebagai pedoman awal dalam pengerjaan sebuah proyek pembangunan rumah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat RAB pembangunan rumah:

Biaya Bangun Rumah
Biaya Bangun Rumah

Membuat Skema Pekerjaan

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan membuat RAB yaitu membuat skema pekerjaan terlebih dahulu. Skema pekerjaan bisa digunakan sebagai acuan untuk menentukan daftar pekerjaan yang akan dihitung ketika Anda membuat RAB. Selain itu, skema pekerjaan nantinya juga akan digunakan untuk menentukan jenis pekerjaan, spesifikasi, serta material bangunan.

Menghitung Volume Pekerjaan

Setelah membuat skema pekerjaan, selanjutnya Anda bisa menghitung volume pekerjaan. Anda bisa mendapatkan volume pekerjaan dari daftar harga satuan pekerjaan per unit atau per meter persegi. Selain itu, ada baiknya Anda juga membuat daftar setiap pekerjaan yang akan dilakukan dalam pembangunan rumah, mulai dari tahap awal hingga finishing.

Menentukan Harga Satuan Kerja

Langkah membuat RAB untuk mengetahui estimasi biaya bangun rumah selanjutnya yaitu menentukan harga satuan kerja. Anda bisa menghitung harga satuan kerja berdasarkan harga upah dan juga material. Karena harga material sangat penting dalam menekan biaya pembangunan rumah maka Anda harus cermat dan teliti saat memilih material. Sebaiknya cari material yang berkualitas namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan

Cara menghitung jumlah biaya pekerjaan terbilang sangat mudah yaitu dengan mengalikan antara volume pekerjaan dan harga satuan. Apabila sudah mendapatkan jumlah biaya pekerjaan, selanjutnya buatlah rekapitulasi yaitu jumlah total dari masing-masing bagian pekerjaan. Jumlahkan semuanya agar Anda bisa mengetahui jumlah biaya keseluruhan.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti saat akan merancang RAB untuk mengetahui estimasi biaya bangun rumah. Ketika merancang RAB, Anda juga perlu fokus memperhatikan material pembangunan yang akan digunakan. Pastikan untuk memilih material yang terjangkau dan berkualitas seperti Semen Tiga Roda. Banyak pilihan produk Semen Tiga Roda yang bisa Anda sesuaikan dengan budget pembangunan. Untuk mengetahui produk-produk tersebut, langsung saja kunjungi website sementigaroda.com.