Blogger perempuan indonesia

Pertimbangan Utama dalam Estimasi Biaya Bangun Rumah

Ketika memilih area bangunan yang tepat, Anda perlu menentukan dengan jelas beberapa hal, diantaranya jumlah keluarga Anda. Jika Anda berencana membangun rumah untuk keluarga kecil, yang terdiri dari dua orang tua dan dua anak, Anda hanya membutuhkan area sekitar 70 m². Tetapi Anda juga bisa membutuhkan area yang lebih luas untuk memastikan semua orang memiliki ruang dan kenyamanan sendiri untuk digunakan. Sehingga Anda bisa menentukan estimasi biaya bangun rumah, agar bisa sesuai dengan keinginan Anda dan bisa menempati dengan nyaman.

Jika Anda menginginkan taman atau halaman, Anda harus menyisakan sedikit ruang tanah, dan luasnya ini tergantung pada kebutuhan Anda. Tetapi setidaknya harus sekitar 20 – 30m² untuk menanam pohon baru, bunga atau juga bisa memuat sepeda motor dan kendaraan.

Estimasi biaya bangun rumah
Estimasi biaya bangun rumah

Memilih Jenis Desain

Apabila Anda sudah memiliki sebidang tanah yang luas, Anda dapat membangun rumah dengan banyak kamar di satu lantai. Saat ini, sebagian besar rumah tangga memilih untuk membangun rumah minimalis yang menarik, nyaman, dan bersih. Dan untuk mengetahui berapa biaya awal sebuah rumah yang Anda rencanakan untuk dibangun, Anda perlu mengklarifikasi estimasi biaya bangun rumah untuk hal-hal berikut:

  • Bahan bangunan

Menurut pengalaman tukang batu, biaya bahan per meter persegi bahan baku adalah sekitar 5 juta. Dengan demikian, Anda benar-benar dapat menghitung biaya bahan bangunan untuk rumah Anda. Jika Anda berencana untuk membangun pondasi tiang pancang, itu lebih mahal karena biaya tambahan pembuatan tiang pancang, membutuhkan alat berat.

  • Memilih anggaran untuk rumah

Membangun rumah mungkin sangat mahal, ada orang yang membangun rumah 3 lantai dengan hanya sekitar 600-700 juta dari semua tahap dari kasar ke sempurna. Tetapi beberapa orang bisa membangunnya dengan biaya hingga satu miliar atau bahkan lebih.