anting berlian asli

Tips Mengetahui Kualitas Anting Berlian Asli

Anting berlian merupakan salah satu jenis perhiasan yang paling laris di pasaran saat ini. Selain karena kilaunya yang memukau, anting berlian juga memiliki kualitas yang sangat baik sehingga banyak orang yang terpikat. Akan tetapi, jangan sembarangan dalam memilih anting berlian. Sebelum membeli anting berlian, akan lebih baik jika anda meneliti dulu apakah anting berlian tersebut merupakan anting berlian asli atau palsu. Selain dapat membedakan antara berlian asli dan palsu, cara untuk mengukur kualitas dari anting berlian juga sangat penting untuk diketahui.

Pengetahuan serta kemampuan dalam mengukur kualitas dari berlian sangat penting agar anda tidak salah dalam memilih anting berlian, terutama bagi anda yang baru pertama kali membeli anting berlian. Dalam mengukur kualitas berlian, tentu ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas berlian.

anting berlian asli
anting berlian asli

1. Warna 

Kualitas warna berlian sangat menentukan tingginya harga berlian, bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas berlian. Berlian berkualitas tinggi biasanya hanya memiliki satu warna, tidak ada campuran warna lain seperti coklat atau kekuningan. Kualitas dan kesempurnaan warna dari berlian digolongkan menjadi beberapa kategori, mulai dari kategori D hingga kategori Z. Kategori yang paling tinggi tentu saja kategori D.

2. Kejernihan 

Berikutnya adalah tingkat kejernihan berlian. Dalam kasus ini, tentu berlian yang lebih jernih memiliki kualitas yang lebih baik. Berlian dengan tingat kejernihan tinggi adalah berlian yang tidak memiliki bercak, goresan, atau tanda seperti gelembung air. Untuk dapat melihat apakah ada bercak, goresan atau gelembung pada berlian, diperlukan semacam alat pembesar khusus.

3. Potongan

Teknik pemotongan sangat menentukan pantulan cahaya yang dihasilkan. Jika dipotong dengan teknik yang pemotongan yang baik, maka pantulan cahaya pada berlian akan lebih sempurna. Pantulan yang dihasilkan dari potongan tersebut akan membuat berlian tampak benar – benar bersinar jika diterpa cahaya. Oleh karena itu, penting juga bagi anda untuk memperhatikan kualitas potongan berlian. 

4. Karat

Selain emas, batu berlian juga memiliki ukuran karat. Akan tetapi, kadar karat pada berlian berbeda dengan kadar karat emas. Kadar karat berlian diukur dari ukuran berlian, semakin besar ukuran berlian, maka semakin tinggi juga kadar karat nya. Semakin besar ukuran berlian tersebut, tentu akan semakin mahal pula harganya. Beberapa berlian termahal yang pernah tercatat juga memiliki ukuran yang cukup besar dan menandakan kadar karat nya yang sangat tinggi.

5. Sertifikat

Usahakanlah untuk memilih berlian bersertifikat, karena berlian yang memiliki sertifikat tidak perlu lagi diragukan keaslian dan kualitasnya. Sertifikat berlian biasanya diterbitkan oleh GIA (Gemological Institute of America). GIA sendiri merupakan laboratorium yang telah diakui dan dipercaya oleh dunia internasional untuk menerbitkan sertifikat keaslian dan kualitas berlian.

6. Kepercayaan diri atau keyakinan

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah keyakinan anda dalam memilih anting berlian yang akan dibeli. Semua tolak ukur tadi tidak akan berpengaruh jika anda tidak yakin pada keaslian berlian yang akan anda beli, karena itulah anda tidak boleh meragukan keaslian dan kualitas dari berlian yang anda pilih, terutama yang telah memiliki sertifikat.

Dengan mengetahui tolak ukur kualitas berlian, tentu akan lebih mudah bagi anda untuk memilih anting berlian impian anda. Selain itu, anda juga bisa memperkirakan harga perhiasan berlian berdasarkan warna, kejernihan, karat, potongan, dan sertifikatnya. Salah satu anting berlian asli yang bisa anda pilih adalah earring solitaire plus dari Mondial Jeweler. Mondial Jeweler adalah sebuah tempat dimana anda akan mendapatkan perhiasan berlian asli dan berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://www.mondialjeweler.com/

Author: Bisnis