Luxury Diamond Jewellery

Tips Memilih Luxury Diamond Jewellery Bekualitas

Banyak sekali para wanita yang suka dengan perhiasan jenis diamond, terutama luxury diamond jewellery. Apakah Anda juga salah satunya? Diamond merupakan batu perhiasan yang sangat elok dan memiliki ciri khas yang akan membuat banyak orang jatuh cinta. Bahkan, tidak ada satupun jenis batu permata yang bisa menyamai diamond jewellery atau berlian.

Namun, akan sangat baiknya jika sebelum membeli perhiasan mewah mengikuti tips berikut ini.

Warna (Color)

Warna dari berlian dapat menentukan kualitas dari berlian itu sendiri. Apabila berlian memiliki warna yang semakin bening, maka bisa dipastikan harga berlian tersebut bernilai sangat tinggi. Pastinya juga berlian pun memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi.

Berlian yang memiliki kualitas terbaik yaitu yang memiliki warna yang terbaik pula, seperti warna ke kuningan hingga ke coklatan. Namun, kebanyakan biasanya berlian memiliki warna yang sama ketika dilihat dengan mata telanjang.

Luxury Diamond Jewellery
Luxury Diamond Jewellery

Menurut The Gemological Institute of America (GIA) tingkat warna berlian dikembangkan pada kisaran colorless hingga kuning, yakni D-F, G-J hampir tidak berwarna, K-M kekuning-kuningan, N-R kuning, dan S-Z kuning terang.

Kejelasan atau Kejernihan (Clarity)

Kejelasan atau clarity pada perhiasan itu sangat penting terutama berlian. Hal ini bisa dengan mudah di cek atau dilihat dengan bercak atau noda yang ada pada berlian tersebut. Sangat dibutuhkan 10 kali pembesaran untuk bisa melihat jumlah noda yang tidak kasat mata. Tidak hanya itu, dengan 10 kali pembesaran bisa juga untuk melihat posisi dan inklusi noda yang ada pada batu berlian. Tentu, bagi seorang kolektor batu berlian akan sangat mudah mengetahui atau mengenal kejelasan pada perhiasan.

Berdasarkan GIA terdapat beberapa skala kejernihan yang patut diketahui, diantaranya;

  1. Flawless (tidak ada atau tanpa noda)
  2. Internal flawless
  3. VVS1
  4. VVS2
  5. VS1
  6. VS2

Potongan (Cut)

Tidak heran jika setiap model perhiasan berlian memiliki harga yang berbeda. Hal ini karena setiap potongan dibagian berlian bisa mempengaruhi kualitas dari kilauan dan kejernihan yang terpancar dari perhiasan ini. Maka dari itu, banyak sekali tipe potongan dari perhiasan dari jenis berlian ini.

Mungkin Anda sudah mengenal tipe potongan seperti potongan pricess dan round. Tipe-tipe potongan ini lah yang nantinya akan mempengaruhi nilai jual dari berlian tersebut. Semakin bagus dan detail potongan berlian, maka akan semakin tinggi pula nilai harga jualnya.

GIA memberikan patokan soal potongan yaitu fair, good, very good, ideal, dan signature ideal. Berlian dengan cutting yang baik akan menghasilkan kilauan warna yang mengkilap dengan cahaya yang maksimum.

Kadar Berat (Carat)

Setiap membeli perhiasan tentunya ini menjadi salah satu hal yang paling penting. Hal ini karena, karat bisa menentukan berat massa batu berlian yang akan dibeli. Semakin tinggi nilai karatnya maka bisa dipastikan harga batu berlian juga mahal.

Sangat perlu diperhatikan, belian yang memiliki potongan karat lebih besar bukan berarti lebih baik. Bisa jadi, berlian yang lebih kecil jauh lebih memiliki nilai lebih tinggi daripada yang besar namun memiliki kualitas yang rendah.

Bila ingin membeli perhiasan jangan hanya mementingkan kadar berat berlian tersebut. Namun juga sangat penting untuk melihat warna, pemotongan dan kejelasannya juga. Hal inilah yang bisa menentukan baik buruknya kualitas berlian yang akan dibeli. Apabila masih ragu untuk membelinya sebaiknya pastikan terlebih dahulu sertifikat resminya.

Itu tadi tips yang harus Anda perhatikan saat melakukan pembelian perhiasan terutama luxury diamond jewellery asli.

Author: Bisnis