alat tes kesuburan

Alat Tes Kesuburan Tingkatkan Peluang Kehamilan

Langkah awal untuk meningkatkan peluang kehamilan yaitu dengan cara mengetahui masa subur. Wanita berada pada masa subur ketika mengalami ovulasi, yaitu dimana sel telur dilepaskan dari indung telur sehingga siap untuk dibuahi sperma.

Masa subur wanita idealnya dimulai sejak sekitar 10 sampai 14 hari sebelum masa haid. hal tersebut terjadi apabila siklus haid terjadi secara teratur yaitu 28 hari. Namun pada kenyataannya banyak wanita yang tidak dapat mengetahui kapan masa suburnya karena siklus haid yang berubah-ubah. Maka dari itu dibutuhkan alat tes kesuburan untuk mengetahui masa subur seorang wanita.

Beberapa alat tes kesuburan yang bisa digunakan untuk mengetahui masa kesuburan, diantaranya:

1. Tisu atau jari

Tisu atau jari bisa anda gunakan sebagai alat tes kesuburan untuk mengetahui perubahan lendir serviks. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini beberapa kali dalam satu hari dengan menggunakan tisu atau jari yang sudah dicuci bersih.

alat tes kesuburan
alat tes kesuburan

Apabila tidak ada lendir di sekitar vagina, itu berarti anda berada pada masa tidak subur. Tisu atau jari merupakan alat manual dalam pemeriksaan masa subur ini, sehingga tingkat keakuratannya sangat rendah terutama pada wanita yang mengalami keputihan atau sedang menggunakan alat pembersih kewanitaan.

2. Ovulation test pack

Alat tes ini berbeda dengan test pack kehamilan. Cara kerja alat ini yaitu dengan mendeteksi perubahan Luteinizing Hormone (LH) dalam urin yang diteteskan ke alat tersebut. Jika produksi hormone LH mengalami peningkatan, itu tandanya anda berada dalam masa subur.

Alat ini memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi untuk mengetahui masa kesuburan wanita, yaitu 99%. Meskipun demikian, anda tidak bisa menggunakan alat ini pada penderita Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) karena kondisi tersebut mempengaruhi keadaan hormon.

3. Femometer

Alat selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengetahui masa subur adalah termometer pengukur suhu basal tubuh atau biasa disebut femometer. Pengujian dengan alat tes ini memiliki tingkat keakuratan yang tinggi melebihi ovalution test pack. Cara menggunakan alat ini yaitu dengan meletakkannya di dalam mulut.

Untuk hasil yang akurat, lakukan pengukuran suhu basal tubuh ini saat hari pertama anda haid sampai dengan hari pertama haid selanjutnya. Catat hasil pengukuran tersebut di dalam buku atau aplikasi femometer yang dapat anda unduh di playstore atau appstore.

Itulah alat tes kesuburan yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk mengetahui kapan masa subur anda. Selain alat yang disebutkan tadi, sebenarnya masih banyak juga alat tes yang lainnya. Setiap alat tes memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, apabila ingin keakuratan hasil tes yang tinggi maka anda disarankan untuk menggunakan femometer.

Author: rizkyaditia