Cara Klaim asuransi mobil

Cara Klaim Asuransi Mobil Dengan Benar

Ketika anda dihadapkan dengan situasi kecelakaan mobil ataupun menjadi korban kasus pencurian, tentunya bayangan tertimpa kerugian secara materil akan sangatlah besar sekali. Namun lain cerita jika sebelumnya anda telah memiliki asuransi mobil, karena dengan memiliki sebuah asuransi mobil kerugian yang diakibatkan dari kecelakaan atau kasus pencurian setidaknya dapat ditanggung oleh pihak asuransi.

Untuk itu dalam mendapatkan perlindungan dengan tanggungan biaya dari pihak asuransi, maka anda harus juga tahu bagaimana prosedur cara klaim asuransi mobil yang benar agar tidak merugi di kemudian hari. Dengan melakukan klaim secara benar tentunya bisa memberikan manfaat untuk penanggungan kerugian anda menjadi lebih cepat dan tanpa mengalami kesulitan sama sekali.

Adapun cara klaim asuransi mobil yang benar ini, adalah sebagai berikut :

  1. Jangan panik dan segera lakukan pelaporan ke pihak asuransi

Jangan panik ketika anda tertimpa musibah karena itu malah akan memperkeruh keadaan. Sebaiknya ketika anda tertimpa musibah di jalanan, langsung lakukan pelaporan ke pihak asuransinya. Anda bisa mendapatkan penanggungan biaya kerugian dari pihak perusahaan asuransi jika langsung melakukan pelaporan kepada pihak asuransi setelah mendapatkan musibah kecelakaan ataupun menjadi korban kasus pencurian. Biasanya waktu untuk pelaporan klaim ini bisa dilakukan maksimal selama 3 hari (3×24 jam) sejak kejadian kecelakaan.

Related image

  1. Pastikan tidak ada bukti kecelakaan yang terlewat.

Jika anda mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan pada bagian mobil tertentu, maka segera dokumentasikan kerusakan tersebut dengan memfoto bagian yang mengalami kerusakan tersebut, dan usahakan foto dengan sedetail-detailnya jangan sampai ada yang terlewat. Bilamana dalam kecelakaan yang anda alami melibatkan pihak ketiga, maka berbagai bukti dokumentasi lainnya juga sangat penting untuk dipenuhi.

3.Lengkapi dokumen persyaratan.

Kelengkapan administrasi tentunya sangat penting untuk dipenuhi sebagai penunjang kelancaran proses klaim asuransi. Adapun berbagai persyaratan untuk mendukung proses klaim asuransi ini seperti, mulai dari identitas diri seperti KTP, SIM dan STNK. Adapun dokumen lain yang dibutuhkan seperti surat polis asuransi, surat keterangan kepolisian dan juga formulir yang disediakan oleh pihak asuransi.

4.Jangan lakukan perbaikan pada sembarang  bengkel.

Setelah semua dokumen dan persyaratan lengkap maka untuk selanjutnya anda bisa mendatangi bengkel rekanan dari perusahaan asuransi untuk melakukan perbaikan pada mobil anda. Pastikan anda memilih bengkel rekanan yang memang telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi jangan asal datang ke bengkel lain ataupun mencoba untuk memperbaikinya sendiri.

Anda bisa memilih perusahaan yang mudah untuk  cara klaim asuransi mobil nya, seperti dari Adira Insurance dengan produk asuransinya yakni Autocillin. Proses asuransi yang mudah dan juga praktis dari Autocillin ini, bisa memberikan banyak keuntungannya untuk anda. 

Author: Asuransi