Blogger perempuan indonesia

Cara Memfasilitasi Anak Supaya Gemar Membaca

0

Aktivitas membaca merupakan salah satu aktivitas berbahasa yang sangat erat kaitannya dengan mata dan otak. Seseorang yang rajin membaca atau menulis secara konsisten terbukti dapat meminimalisir dari penyakit aljazaimer. Begitupun kecerdasan IQ seorang anak dapat dilihat dari kemampuannya membaca.

Namun, hal itu tidak berarti bahwa anak kecil hasrus dipaksakan untuk belajar membaca agar secepatnya bisa membaca. Carilah metode-metode membaca yang sangat disukai anak. Ataupun dapat dilakukan dengan memberikan cara belajar membaca yang tepat dan menyenangkan. Aktivitas belajar membaca tersebut harus didesain menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan layaknya aktivitas bermain yang disukai anak-anak.

Dengan demikian, anak tidak akan terpaksa atau jenuh.

Berikut adalah cara belajar membaca untuk anak kecil pada usia empat sampai lima tahun.

  • Anak harus distimulasi supaya menyukai buku bacaan. Misalnya saja kita sebagai orang tuanya harus memberikan model yang bagus tentang pembiasaan membaca buku di rumah.
  • Sediakanlah buku-buku cerita anak dengan gambar yang full colour dan kualitas kertas yang bagus sehingga warna-warna pada buku tersebut sangat menarik.
  • Simpan buku-buku tersebut di tempat yang mudah dijangkau anak.
  • Ceritakan isi buku tersebut dengan tujuan agar anak semakin penasaran dengan isinya. Kepenasaran si anak tersebut otomatis akan meningkatkan semangatnya untuk bisa membaca.
  • Perkenalkan bunyi-bunyi huruf yang terdapat pada buku anak tersebut. Satu atau dua huruf saja setiap hari.

Cara-cara di atas merupakan salah satu cara belajar membaca untuk anak yang dapat dilakukan di rumah. Selain caranya yang tepat, jangan abaikan juga asupan nutrisinya. Karena proses membaca adalah aktivitas berbahasa yang melibatkan otak sebagai pusat ingatan dan konsentrasi anak.

Penuhilah semua kebutuhan gizinya baik dari makanan atau minuman sehari-harinya. Misalnya saja kebutuhan akan buah-buahan, sayuran ataupun susu pertumbuhannya. Pilihlah produk susu pertumbuhan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi baik. Contohnya saja memilih susu pertumbuhan dari dancow.

Jangan lupa perhatikan peruntukan usianya. Karena perbedaan usia menyebabkan perbedaan kandungan gizinya juga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.