Blogger perempuan indonesia

Kesehatan Di Usia Senja

kesehatan di usia senja.

Ketika menginjak usia senja kesehatan merupakan hal utama yang cukup membuat khawatir baik bagi pribadi maupun keluarga. Investasi kesehatan ini perlu dijaga dengan berbagai upaya mulai olahraga, makanan hingga kesehatan mental yang dijaga. Meskipun organ-organ tidak bekerja sesempurna ketika usia muda, banyak cara untuk menjaga kesehatan di usia senja.

Berikut ini cara menjaga kesehatan di usia senja dari berbagai jurnal kesehatan;

  1. Check up rutin, General check up dilakukan secara rutin terutama jika memasuki usia 40 tahun ke atas, bahkan usia 35an juga diperlukan karena pola hidup saat ini sangat berbeda. Periksa darah untuk mengetahui kadar Hemoglobin (Hb), leukosit, trombosit, kolesterol, lemak dan gliserol, serta gula darah, lewat pemeriksaan darah,akan terhindar dari permasalahan thyroid dan untuk wanita permasalahan masa premenopause. segera check up  jangan sampai terlambat baru diketahui ketika sudah terkapar di rumah sakit.
  2. Minum air yang cukup, minumlah air putih sebelum tidur dan saat bangun pagi juga sepanjang hari siapkan air sehingga persediaan cairan dalam tubuh cukup.
  3. Makanan sehat, konsumsi makanan rendah lemak, rendah kolesterol, karbohidrat kompleks seperti gandum, nasi merah, sayuran dan buah kaya serat, gunakan minyak zaitun, minyak kedelai, hindari minyak goreng konvensional.
  4. Olahraga rutin, berolahraga lah secara rutin yang ringan saja seperti berjalan kaki, senam lansia, atau lakukan yoga dan berenang, masih bisa bersepeda? Bersepedalah selain untuk menjaga kesehatan juga rekreasi.
  5. Tingkatkan kemampuan otak , Kemampuan otak lansia dalam berpikir dan mengingat akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jika ingin memiliki otak yang prima, coba belajarlah sesuatu yang baru misalkan melakukan hobi baru, mengerjakan teka-teki silang, atau membaca koran dan majalah.
  6. Bersosialisasi, ketika usia beranjak senja dan tentu saja usia pensiun dan tidak lagi produktif, agar tetap merasa berguna lakukanlah aneka kegiatan yang positif berkumpul dengan komunitas positif, lakukan hobi, bersosiaalisasi akan membuat kesehatan mental terjaga dan hati gembira.

Jadi lansia yang dianggap tidak produktif , tergantung pada orang lain bahkan menyusahkan dapat ditepis dengan berbagai kegiatan positif dan juga upaya menjaga kesehatan di usia senja.