Blogger perempuan indonesia

Tips Hemat Listrik Prabayar Tanpa Menggunakan Alat Penghemat

Tarif dasar listrik yang saat ini mengalami kenaikan tentunya akan cukup memberatkan beberapa kalangan terutama dalam segi finansial untuk pembayarannya. Dengan demikian, sangat penting bagi setiap orang untuk dapat menghemat penggunaannya semaksimal mungkin agar pembayaran yang dilakukan tidak terlalu membengkak. Sebenarnya ada cukup banyak cara atau tips hemat listrik yang dapat anda lakukan guna memangkas biaya bulanan untuk pembayarannya. Khusus bagi anda yang masih menggunakan meteran listrik bersubsidi dari pemerintah tentunya anda sangat beruntung karena karena untuk jenis meteran lama ini anda akan mendapatkan subsidi dari pemerintah berbeda halnya dengan meteran yang baru atau tidak bersubsidi.

Tips Hemat Listrik Prabayar Tanpa Menggunakan Alat Penghemat

Bagi yang tidak memiliki meteran bersubsidi, ada beberapa tips hemat listrik yang dapat anda lakukan seperti dengan tidak menggunakan alat elektronik yang membutuhkan watt besar secara bersamaan misalnya jika anda tengah menggunakan setrika listrik, jangan menggunakannya bersamaan dengan alat lainnya yang memiliki watt besar seperti magic jar, pemanas air dan beberapa peralatan lainnya. Selain itu, gunakanlah pompa air yang biasa anda gunakan untuk mengisi bak kamar mandi atau mencuci piring anda secara hemat atau tidak boros dalam penggunaannya karena pompa air merupakan mesin yang memiliki watt besar yang mampu menyedot penggunaan listrik rumah anda.

Hal lainnya yang patut anda coba adalah dengan memakai AC atau air conditioner yang sesuai dengan besar ruangan. Karena semakin kecil AC yang anda gunakan akan semakin hemat dalam penggunaan. Dengan demikian, pembayaran pun tidak akan membengkak menjadi lebih besar. Gunakanlah juga AC yang anda miliki dengan bijak. Selain AC, penggunaan lampu penerangan yang anda gunakan di rumah pun sejatinya harus dapat anda perhatikan, seperti misalnya pada ruangan yang tidak terlalu memerlukan cukup penerangan atau ruangan kecil sebaiknya anda gunakan lampu yang memiliki watt kecil atau secukupnya agar dapat menghemat lisitrik. Guna mengatur penerangan rumah, sebaiknya anda atur secara bijak dan hemat agar pengeluaran bulanan anda khususnya untuk pembayaran listrik dapat menjadi lebih hemat.