Kondisi Janin

Jenis-Jenis Olahraga Yang Sangat Cocok Untuk Ibu Hamil

Seorang ibu hamil wajib menjaga kesehatannya agar ia dan kondisi janin di dalam rahimnya tidak mudah terserang penyakit. Ada banyak jenis olahraga yang sangat disarankan bagi ibu hamil. Berbagai jenis olahraga tersebut tentunya disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan dari ibu hamil itu sendiri. Karena ibu hamil tidak boleh melakukan olahraga secara sembarangan.

Berikut ini berbagai jenis olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan oleh ibu hamil

   1. Berjalan kaki

Olahraga paling mudah yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah berjalan kaki. Sang ibu bisa berjalan santai mengelilingi rumah maupun berjalan-jalan di sekitar kompleks perumahan. Selain itu, berbagai tempat yang tenang seperti spot jalan sehat di tengah kota juga bisa dimanfaatkan oleh sang ibu untuk berjalan kaki.

Kondisi Janin
                                                                               Kondisi Janin

   2. Melakukan Yoga

Olahraga berupa Yoga sudah lama diketahui sebagai teknik olahraga yang sangat baik dilakukan untuk ibu hamil. Yoga mampu merilekskan pikiran dan otot-otot tubuh ibu hamil sehingga tidak terlalu tegang saat melakukan persalinan.

   3. Olahraga Pilates

Pilates kerap kali disarankan bagi para ibu hamil karena jenis olahraga yang satu ini dapat membuat otot-otot yang berada di daerah rahim menjadi rileks. Hal ini tentu saja dapat memperlancar proses persalinan serta mengurangi rasa sakit pada daerah kewanitaan saat proses persalinan berlangsung.

   4. Latihan Kegel

Latihan Kegel bisa menjadi salah satu gerakan yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil terutama yang mengalami umur kehamilan tua. Latihan Kegel dinyatakan sebagai latihan yang bisa membantu merilekskan otot-otot panggul sehingga bisa mengalami kelancaran pada waktu kelahiran sang bayi.

   5. Berenang

Berenang juga menjadi salah satu jenis olahraga yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil. Ketika berenang, seluruh otot tubuh, termasuk otot wajah juga akan bereaksi terhadap tekanan air kolam. Hal ini tentu saja bisa membuat rileks serta bertindak seperti terapi bagi otot di tubuh sang ibu.

Berbagai jenis olahraga yang direkomendasikan bagi ibu hamil di atas sebaiknya dilakukan demi mendapatkan proses kelahiran yang lancar terbebas dari rasa sakit. Olahraga rutin juga dapat menghindarkan ibu hamil dari penyakit serta menyehatkan kondisi janin selama kehamilan.

Author: rizkyaditia