kop surat

4 Fungsi Lain Surat Rekomendasi Kerja Paklaring

Saat Anda resign atau keluar dari sebuah perusahaan tempat Anda bekerja, maka tak lama setelah itu Anda akan mendapatkan surat yang berupa rekomendasi atau keterangan bahwa Anda pernah bekerja di tempat tersebut (paklaring). Jika Anda mendapatkannya, mungkin Anda akan berfikir bahwa itu hanya sebuah surat biasa dengan kop surat perusahaan sebagai bentuk apresiasi karena sudah bekerja disana. Tapi tunggu dulu! Ternyata surat rekomendasi memiliki manfaat lebih dari itu. 

Secara umum, ternyata surat rekomendasi perusahaan tersebut memiliki beberapa manfaat lain, jadi buat Anda yang sudah resign atau sedang mengajukan resign maka jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi ini. Lantas, apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya berikut ini. 

kop surat
kop surat
  1. Sangat bermanfaat demi mendapatkan pekerjaan baru

Untuk yang satu ini memang sudah sering kita dengar bahwa surat rekomendasi atau surat paklaring bisa berguna bagi Anda yang ingin melamar kembali ke salah satu perusahaan. Biasanya surat rekomendasi ini akan digabung bersama dokumen penunjang Anda lainnya. Dengan adanya paklaring atau surat rekomendasi ini, pihak yang menerima lamaran Anda juga akan bisa menila bagaimana proses karir Anda selama berada di perusahaan yang lama untuk mendapatkan gambaran singkat mengenai Anda. 

  1. Berguna pada saat mengambil beasiswa jalur profesional 

Selanjutnya, surat paklaring memiliki fungsi sebagai persyaratan bagi Anda yang ingin mengajukan beasiswa lewat jalur profesional. Sama seperti poin diatas, surat paklaring harus digabungkan bersama dengan dokumen pendukung Anda lainnya. Yang membedakannya adalah, bahwa surat keterangan paklaring Anda harus di legalisir atau disetujui kembali ke absahannya oleh pihak perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. 

Beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan demi menjaga keabsahan dari surat paklaring atau surat rekomendasi perusahaan tersebut adalah kop surat, nama perusahaan,alamat perusahaan, hingga nomor telepon perusahaan yang bisa dihubungi. Selain itu, pastikan juga bahwa nama Anda di surat tersebut tidak salah dan sesuai dengan kartu identitas penduduk (KTP) Anda. 

Jika semuanya sudah ditinjau kembali, maka Anda bisa langsung melakukan legalitas dengan meminta kembali tanda tangan atau cap stempel dari perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya tersebut. 

  1. Sebagai pendukung untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan 

Bukan hanya soal karir, tetapi Anda pun bisa menggunakan surat rekomendasi perusahaan tersebut untuk urusan administrasi seperti pencairan dana BPJS ketenagakerjaan. Surat rekomendasi perusahaan pun menjadi salah satu syarat utama untuk mencairkan dana tersebut. Namun sekali lagi, Anda harus melakukan fotocopy dan kembali melegalisir surat paklaring tersebut. Dengan begitu, Anda bisa melakukan penarikan dana BPJS ketenagakerjaan mulai dari 10% 30 % hingga 100% berdasarkan ketentuan yang berlaku. 

  1. Sebagai syarat mengajukan pinjaman bank

Keluar dari perusahaan untuk menjadi seorang pengusaha tentu saja merupakan hal yang lumrah. Namun, ada kalanya Anda butuh modal dengan cara meminjam nya di Bank. Namun, untuk mempermudah urusan Anda tersebut, ternyata surat paklaring bisa menjadi solusinya. Pasalnya, surat rekomendasi kerja juga menjadi salah satu syarat agar pengajuan pinjaman Anda disetujui oleh pihak bank. 

Begitu juga ketika Anda hendak melakukan pinjaman kredit. Pihak bank akan selalu meminta surat rekomendasi tersebut sebagai persyaratan formal demi melihat latar belakang Anda sebagai peminjam. 

Kesimpulannya, jangan pernah sepelekan surat rekomendasi dari perusahaan ketika Anda hendak resign, dan jangan lupa untuk memintanya bila perusahaan belum memberikannya. Nah, bagi Anda pemilik perusahaan yang tak ingin diribetkan dengan urusan surat menyurat, pembuatan kop surat dan lain sebagainya, bisa menyerahkannya langsung ke Snapy. Disini, segala kebutuhan Anda bisa terpenuhi secara cepat dan tepat baik lewat offline maupun online selama 24 jam! Untuk informasi lebih lanjut, silahkan langsung mengunjungi http://www.snapy.co.id/ sekarang juga! 

Author: Bisnis