Blogger perempuan indonesia

Rencanakan Kehamilan dengan Alat Tes Kesuburan

Rencanakan Kehamilan dengan Alat Tes Kesuburan

Tidak sedikit loh para wanita yang merasa bingung serta sulit untuk mengetahui secara pasti kapan masa suburnya. Padahal, faktor ini sangatlah penting agar memudahkan mereka yang sedang merencanakan kehamilan. Oleh sebab itu, agar tak berlarut larut maka alat tes kesuburan bisa dijadikan sebagai rekomendasi yang tepat untuk mengetahui kapan waktu yang tepat dan terbaik untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Sebenarnya, masa subur wanita bisa diketahui dengan mudah jika memiliki siklus haid yang teratur secara 28 hari. Atau, masa subur wanita biasanya dihitung dari 10 hingga 14 hari sebelum masa haid selanjutnya datang. Adapun masa subur ini sangatlah penting diketahui agar mengetahui proses dimana sel telur dilepaskan dari indung telur ke saluran tuba falopi. Nah, posisi inilah yang nantinya akan dibuahi oleh sperma. Hanya saja, bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang kurang teratur biasanya lebih sulit menentukan masa subur. Itu sebabnya, penggunaan alat tes kesuburan adalah pilihan yang tepat dan bijak.

Image result for femometer

Di pasaran sendiri cukup banyak alat yang mampu mendeteksi masa subur seorang wanita. Salah satunya adalah dengan menggunakan suhu basal atau biasa disebut dengan BBT. Suhu basal itu sendiri adalah suhu tubuh pada waktu istirahat. Untuk mengukurnya cukup mudah yaitu menyiapkan termometer yang telah dilengkapi alat pengukur khusus suhu basal tubuh. Selanjutnya, gunakan termometer tersebut saat bangun tidur atau sebelum melakukan aktifitas apapun.

Biasanya, suhu badan wanita yang tidak mengalami ovulasi berkisar antara 36,2 hingga 36,5 derajat Celcius. Suhu tubuh akan meningkat seiring dengan ovulasi yang terjadi atau sekitar  0,5 hingga 1 derajat Celcius dari suhu normal. Hal ini dikarenakan indung telur yang mengeluarkan hormon progesteron, akan menaikkan suhu tubuh.

Nah, untuk mendapatkan hasil yang tepat dan akurat, maka lakukan pengukuran suhu tubuh basal setiap hari dalam siklus menstruasi penuh. Adapun waktu tepatnya yaitu sejak mengalami haid hingga hari pertama haid selanjutnya. Pastikan juga mencatat hasil pengukuran suhu di dalam buku atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi yang dikoneksikan ke alat tes kesuburan.