Blogger perempuan indonesia

Tanda-Tanda Kesehatan Anak Menurun

Usia anak-anak merupakan usia dimana tumbuh kembang tubuh sangatlah cepat. Usia anak-anak juga usia dimana tubuh seseorang rawan diserang penyakit. Ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan kesehatan anak menurun mulai dari geraknya yang terlalu aktif, istirahat yang kurang, pola makan kurang sehat,  serta adanya gangguan dari kuman, virus, dan bakteri yang dapat mengakibatkan gangguan pada tubuh si kecil.

Nah ketika anak gampang terserang penyakit, tentunya dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Iya tumbuh kembang si kecil menjadi terganggu jika ia gampang sakit. Untuk itu, bagi para orang tua disarankan untuk terus memperhatikan kesehatan si kecil. Apabila ia mulai terganggu kesehatannya, pastikan segera berikan penanganan yang terbaik. Nah bagi orang tua, kenali tanda-tanda menurunnya kesehatan anak sebagai berikut:

  • Anak kurang bersemangat dan terlihat lesu

Nah ketika anak mulai terganggu kesehatannya, salah satu indikatornya adalah hilangnya semangat pada si kecil. Biasanya ketika kesehatan anak mulai menurun ia akan lebih terlihat lesu, hal ini disebabkan karena anak tidak lagi mampu melawan infeksi bakteri dan juga virus yang membuat anak tidak bersemangat dalam beraktivitas.

  • Menurunnya nafsu makan

Salah satu ciri yang mencolok bagi anak yang menurun kesehatan tubuhnya adalah menurunnya nafsu makan. Iya apabila nafsu makan anak menurun bisa jadi kondisi tubuhnya sedang tidak baik. Beberapa penyakit yang sering menyerang anak seperti demam, flu, sakit tenggorokan, dan lain sebagainya sangat berpengaruh terhadap nafsu makan si kecil. Nah nafsu makan yang menurun secara otomatis akan sangat mengganggu tumbuh kembangnya.

  • Luka bagian tubuh luar sulit sembuh

Ketika si kecil memiliki luka pada bagian tubuh luar dan sulit untuk sembuh, maka ini adalah ciri-ciri bahwa daya tahan tubuhnya sedang menurun. Daya tahan tubuh yang lemah memang mengakibatkan luka pada bagian tubuh luar sulit untuk sembuh. Hal ini disebabkan karena dengan kekebalan tubuh yang rendah dapat mengakibatkan kulit susah untuk membentuk jaringan yang baru sehingga sulit untuk menutup luka.

  • Mudah capek

Dunia anak adalah dunia bermain. Pada usia anak-anak, bermain merupakan aktivitas yang tidak pernah lupa dilakukan. Anak-anak pun biasanya hingga lupa waktu ketika sedang asyik bermain. Bahkan untuk bermain seharian pun anak yang sehat tidak akan terlihat kelelahan. Nah jika anak Anda terlihat gampang capek, mengeluh, serta gampang lelah saat bermain, mungkin itu adalah tanda bahwa kesehatannya sedang menurun. Iya daya tahan tubuh yang menurun ditandai dengan kondisi anak yang mudah capek. 

Nah itu dia beberapa tanda-tanda apabila kesehatan anak sedang kurang baik. Untuk itu, ketika ciri-ciri diatas terjadi pada buah hati Anda, pastikan Anda memberikan penanganan yang terbaik. Biasakan anak dengan pola hidup sehat. Anda dapat mengatur pola makan yang sehat yakni dengan jam makan yang teratur serta memberikan makanan yang mengandung gizi seimbang dan nutrisi yang lengkap bagi perkembangan tubuh si kecil.

Kemudian jika anak Anda sudah mengenal gadget, pastikan batasi waktu bermain gadget,  biasakan dia untuk lebih banyak beraktivitas dengan lingkungan serta berbagai aktivitas yang mendukungnya untuk lebih aktif bergerak. Jangan lupa juga jaga pola istirahat si kecil, pastikan si kecil tidak melewatkan tidur siang untuk membantu tumbuh kembanganya agar lebih optimal. Anda juga dapat menyarankan untuk minum air putih yang cukup untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.