kesehatan

Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kita Kuat

Ketika kita melaksanakan ibadah puasa, tentunya kita tidak mau pekerjaan – pekerjaan kita yang banyak menjadi terbengkalai dikarenakan tubuh kita dalam kondisi lemas dan tidak berdaya. Banyak cara yang bisa anda lakukan agar kondisi tubuh anda selalu dalam kondisi yang kuat saat melaksanakan puasa. Diantara sekian banyak cara yang bisa anda lakukan, melaksanakan sahur yang sehat adalah salah satunya.

Sahur sehat merupakan sahur yang memperhatikan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh mulai dari waktu pelaksanaan sahur hingga jenis menu makanan sehat yang tepat untuk disantap ketika kita sahur. Untuk bisa melaksanakan sahur yang sehat tersebut, tentunya semua orang harus memiliki pengetahuan yang luas tentang cara atau tips sahur sehat yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

Dengan melaksanakan sahur yang sehat tersebut, maka ketika kita melaksanakan puasa, tubuh kita akan selalu berada dalam kondisi kuat dan prima.  Ada beberapa hal yang berkaitan dengan cara atau tips sahur sehat yang bisa anda lakukan agar puasa anda kuat. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kurangi makan gorengan dan manis – manis. Kedua makanan ini dapat meningkatkan gula darah kamu secara drastis. Gorengan dan makanan manis juga mengakibatkan kamu lebih cepat haus.
  2. Ganti kopi dengan teh. Mengapa demikian ? ya, karena kopi mengandung kafein yang dapat memicu gejala penyakit maag sehingga sangat tidak baik jika anda konsumsi pada saat melaksanakan puasa
  3. Meredakan lapar mata. Pertama, sibukkan diri kamu. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif. Misalnya saja latihan ringan dengan berjalan kaki di sekitaran tempat kerja selama 30 menit. Kalau jalanan di sekitaran kantor kurang memadai, kamu bisa melakukan hal lain seperti menyusun menu sahur atau membaca buku. Intinya, sibukkan diri kamu dengan cara yang produktif.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan tips sahur sehat yang harus anda ketahui dan dan lakukan ketika akan melaksanakan puasa pada keesokan harinya. Dengan sahur sehat tersebut, maka dipastikan bahwa puasa anda tidak mengganggu apapun pekerjaan rutin anda sehari – hari karena kondisi tubuh anda akan selalu ada dalam kondisi yang kuat dan prima.

Author: rizkyaditia