Blogger perempuan indonesia

Madu Provitamon Kegunaan Madu untuk Kesehatan

Madu Provitamon Kegunaan Madu untuk Kesehatan

Manfaat madu provitamon bagi kesehatan adalah langsung cek di bawah ini.

1. Meredakan batuk

Batuk adalah masalah pada sistem pernafasan yang bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa dan bisa sangat mengganggu bagi penderitanya.

Madu mengandung senyawa aktif antibakteri dan antiviral yang dapat meredakan batuk. Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Penn State College of Medicine dan melibatkan 105 anak usia 2 hingga 8 tahun melaporkan bahwa madu dapat mengatasi masalah batuk pada anak-anak yang menderita infeksi saluran nafas bagian atas jika diberikan selama tujuh hari berturut-turut.

Efek yang ditimbulkan madu sama dengan efek obat batuk yang mengandung dextromethorphan. Saat terserang batuk, konsumsilah satu atau dua sendok madu saat sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

2. Memperbaiki fungsi saluran cerna

Dalam sistem pencernaan, terdapat bakteri baik atau normal flora yang membantu proses pencernaan makanan seperti bakteri yang hidup pada usus besar.

Tidak hanya kaya akan nutrisi, madu juga mengandung normal flora atau bakteri baik seperti bifidobakteria dan lactobacillus yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran cerna dan mendukung proses pencernaan dalam usus besar.

Bakteri ini juga berfungsi melindungi saluran cerna dari pengaruh buruk bakteri pathogen seperti bakteri penyebab diare, Helycobacter pylori.

3. Memperkuat kekebalan tubuh

Manfaat madu untuk meningkatkan imun Banyak penelitian yang telah membuktikan pengaruh madu terhadap sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan penelitian Abuharfeil et al. Pada tahun 1999 menyebutkan bahwa madu dapat merangsang pembentukan sel –sel imun seperti sel natural killer, sel limfosit B dan T yang berfungsi dalam menangkal serangan penyakit.

Madu juga dapat merangsang produksi antibodi yang diperlukan dalam proses penyembuhan dalam tubuh, hal ini telah dibuktikan oleh Al-Waili and Haq dalam penelitiannya pada tahun 2004.

Oleh sebab itu, rutin mengkonsumsi madu setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan.