Blogger perempuan indonesia

Parenting Indonesia, Raja yang Tidak Pernah Salah

Parenting Indonesia, Raja yang Tidak Pernah Salah

Parenting Indonesia, pernahkah Anda memukul meja karena anak anda secara tidak sengaja tersandung oleh meja tersebut?. Alih-alih menasehati anak agar lebih berhati-hati dalam bermain, Anda secara tidak langsung menerapkan metode Pendidikan anak yang seakan anak adalah raja yang tidak pernah salah.

Meja adalah benda mati, tidak punya salah, diam tak bergerak kecuali bila digerakan oleh tenaga manusia, kenapa anda malah memukul meja?. Dengan metode tadi secara tidak sadar juga bahwa anda telah mengajarkan kebohongan kepada anak Anda sendiri.

Istilah raja yang tak pernah salah ini takutnya bisa terbawa hingga ia tumbuh dewasa kelak. Apabila ia nanti mendapatkan masalah atau kekeliruan dalam pekerjaannya, ia akan cenderung menyalahkan orang lain tanpa mengintrospeksi diri sendiri.

Parenting Indonesia
Parenting Indonesia

Parenting Indonesia, selain kesalahan mendidik anak tadi masih banyak yang harus dihindari orang tua dalam mendidik anak, yaitu ketidakkompakan pola asuh antara bapak dan Ibu. Ketika sosok ayah membolehkan anak bermain gadget sepuasnya dengan dalih ingin melihat anak bahagia, namun disisi lain sang ibu malah melarang sang buah hati untuk bermain gadget dengan alasan akan membuat anak menjadi pemalas dan kecanduan terhadap gadget. Hal ini tentu akan menimbulkan kebingungan pada anak, sehingga anak akan menyimpulkan bahwa sosok ayah yang baik dan sosok ibu yang jahat.

Maka yang terjadi anak akan berlindung pada pernyataan ayah dan melawan ibu. Untuk itu perlunya kekompakan pola asuh antara ayah dan ibu agar anak tidak pusing dalam mengambil keputusan. Belum lagi bila ada campur tangan lain dari pihak ke-3 sperti kakek, nenek tante dan om bisa tambah rumit jadinya. Sebagai orang tua yang bijak sudah sepatutunya kita memberikan pengertian kepada pihak ke-3 itu untuk tidak mencampuri pola asuh yang telah diajarkan ayah dan ibunya dirumah.

Parenting Indonesia, perlunya ketegasan kita sebagai orang tua dalam mendidik anak dan kekompakan antara ayah dan ibu dalam menentukan pola asuh anak harus juga diiringi dengan contoh-contoh kebaikan dalam berbagai aspek. Berikan yang terbaik untuk segala kebutuhannya, seperti susu Dancow yang mengandung nilai-nilai kandungan kebaikan dalam tiap tetesnya.