Blogger perempuan indonesia

Kekurangan dan Kelebihan Perkembangan Teknologi Internet

Perkembangan teknologi internet- Tidak dapat dipungkiri lagi memang teknologi dari masa ke masa mengalami peningkatan hingga tidak mampu dibayangkan seberapa canggihnya nanti teknologi dunia ini sepuluh tahun ke depan. Sebab, sekarang saja hampir semua bidang memanfaatkan perkembangan teknologi. Khususnya penggunaan teknologi internet yang memberikan ketergantungan penggunanya.

Sekarang pertanyaannya, berapa banyak media sosial yang ada di internet dan berapa banyak penggunanya? Dulu, mungkin media sosial yang paling populer adalah facebook. Akan tetapi, justru kayaknya pengguna instagram juga tidak kalah banyaknya meskipun dari segi biaya, penggunaan instagram akan lebih banyak memakan kuota.

Wah, tetapi siapa sangka memakan seberapa besar pun kuota, media instagram ini menjadi lebih nyentrik dalam sisi pengekspresian diri. Penggunanya dapat mengupload foto maupun video. Berbeda dengan facebook yang lebih banyak pengekpresian diri dalam bentuk tulisan—media  sosial curahan hati. Di instagram penggunanya bisa berjualan produk secara online.

Berikut beberapa keterangan kelebihan dan kekurangan perkembangan teknologi internet di media sosial:

  1. Mudahnya share pengetahuan. Banyak forum diskusi yang ada di media sosial.
  2. Mudahnya mengekspresikan diri. Ada sebagian orang yang tidak ingin dikenal secara langsung, tetapi ia amat produktif memperlihatkan dirinya di media sosial. Sehingga tiba- tiba ia mendadak terkenal. Dan, ia kemudian mendapatkan julukan artis seleb. Siapa tidak bangga coba? Bisa terkenal walaupun tidak melalui media televisi.
  3. Memperoleh teman sebanyak mungkin. Dengan saling mengikuti akun satu sama lain, di media sosial sudah dianggap sebagi teman meski nyatanya tidak kenal secara langsung.
  4. Kurangnya interaksi antar lawan. Tentu tidak ada tatap muka di media sosial. Interaksi hanya bisa dilakukan lewat tulisan.
  5. Kemungkinan bisa salah mendapatkan teman. Teman tidak bisa dinilai dari video, tulisan, maupun foto.
  6. Mudahnya adanya kegiatan penipuan.
  7. Media sosial sebagai tempat ajang saling memamerkan diri. Persaingan secara sosial.
  8. Media sosial dapat mengakibatkan seseorang kehilangan rasa malu karena rasa percaya diri yang berlebih.

Maka, adanya perkembangan teknologi internet ini perlu meningkatkan kewaspadaan. Sembarang hal bisa dilakukan, tetapi kita tidak akan mengetahui secara pasti apa yang akan terjadi kemudian di media sosial tadi. Orang bebas berekspresi di media sosial tanpa memikirkan bagaimana tanggapan orang lain. Toh, tidak ada interaksi secara langsung.