Inilah 3 Jenis Tanaman Herbal Dan Khasiatnya

tanaman herbal untuk kesehatan
tanaman herbal untuk kesehatan

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh selalu terjaga, seperti melakukan rangkaian pola hidup sehat yang dimulai dari menjaga pola makan sehat, rajin berolahraga, menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, bergadang, dan lainnya. Jika gangguan kesehatan terjadi, anda juga bisa memilih beberapa jenis pengobatan seperti obat kimia dan obat herbal alami.

Meskipun di era modern, namun saat ini masyarakat telah kembali memilih tanaman herbal untuk kesehatan yang menawarkan tingkat risiko lebih rendah meskipun dikonsumsi dalam waktu lama, berbeda dengan obat kimia yang kurang baik jika dikonsumsi secara terus menerus. Sebagai panduan, berikut ini 3 jenis tanaman herbal berkhasiat yang bisa anda manfaatkan.

  1. Daun jarak
    Daun jarak saat ini banyak dipilih sebagai jenis tanaman untuk ditanam di apotik hidup keluarga. Hampir semua bagian dari daun jarak bisa dimanfaatkan mulai dari bagian daun, buah, bahkan biji jarak ampuh mengobati berbagai penyakit. Khasiat daun jarak telah diketahui sejak dulu, karena para penjajah sejak dulu berebut untuk dibawa ke negara masing-masing. daun jarak berkhasiat mengobati penyakit gatal-gatal, luka berdarah, jamur kulit, bengkak karena luka, dan rematik. Selain itu, daun jarak juga memiliki khasiat untuk mengobati perut kembung buah hati.
  2. Sambiloto
    Sambiloto yang memiliki nama latin green chiretta, awalnya dibawa dari Negara India dan Srilangka ini merupakan jenis tanaman yang saat ini tumbuh subur di berbagai negara tropis seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan negara lain di Benua Amerika. Daun sambiloto memiliki berbagai khasiat seperti menurunkan panas badan, melancarkan air seni, obat sakit perut, dan mengobati kencing manis. Khasiat lainnya, rebusan daun sambiloto dapat menurunkan kadar gula darah.
  3. daun dewa
    daun dewa umumnya tumbuh subur di daerah yang memiliki ketinggian 200-800 meter di atas permukaan laut. Orang Jawa menyebutnya dengan nama daun sabung nyowo atau daun sambung nyawa karena daun ini memiliki khasiat mengobati berbagai penyakit kronis seperti kanker, tekanan darah tinggi, wasir, diabetes melitus, dan pendarahan.

Demikianlah 3 macam tanaman herbal untuk kesehatan yang bisa dipilih sebagai alternatif pengobatan yang lebih aman, semoga bermanfaat.

Author: rizkyaditia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *