Kesehatan

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Pada dasarnya tubuh kita memerlukan cairan untuk menunjang kinerja seluruh organ tubuh agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pada umumnya kita diwajibkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Kebutuhan cairan tersebut bisa di capai dengan mengonsumsi air putih dengan tambahan mengkonsumsi cairan seperti sup, buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air. Berikut ada beberapa manfaat air putih untuk kesehatan tubuh diantaranya:

  • Membangkitkan otot

Otot merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Karena tanpa otot kita tidak bisa bergerak dengan baik. Jika kita kurang megkonsumsi air putih, maka sel-sel otot akan memiliki cairan yang tidak akan cukup untuk mempertahanan elektrolit sehingga otot akan mudah kelelahan. Untuk itu sebelum beraktivitas atau olahraga sebaiknya mengkonsumsi air putih terlebih dahulu, agar otot memiliki cairan yang cukup untuk bergerak.

  • Mengendalikan kalori

Kalori memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika jumlahnya terlalu tinggi tetap tidak baik juga. Air putih sendiri mampu mengurangi kalori dalam tubuh, sehingga cocok bagi ada yang melakukan program diet. Minum air yang banyak mampu mendorong kalori yang berlebih dan mengeluarkannya lewat urine.

  • Memelihara fungsi ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting keberadaanya. Ginjal ini mampu menyaring berbagai zat yang tidak sehat dari makanan yang kita konsumsi dan dilkeluarkan lewat urine. Organ yang satu ini akan berfungsi dengan baik jika memiliki cairan tubuh yangmencukupi. Namun jika cairan tidak cukup, maka ginjal akan bekerja lebih keras yang menimbulkan urin menjadi berwarna dan berbau. Untuk itu konsumsilah air putih yang banyak untuk menjaga ginjal tetap sehat.

  • Memelihara fungsi usus

Semua makanan yang kita konsumsi akan dicerna di lambung dan patinya akan dilkeluarkan melewati usus dan dikeluarkan melalui anus. Jika kita minum air putih yang banyak, makanan yang kita makan akan dengan lancar melewati saluran pencernaan ini. Namun jika cairan tidak cukup, usus akan menyerap cairan dari tinja untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Akibatnya kita susah untuk buah air besar atau sembelit.

Itulah beberapa manfaat air putih untuk kesehatan tubuh. Untuk itu rajinlah minum air putih yang masak, yang sudah melalui proses sterilisasi atau perebusan hingga seratus derajat celcius untuk mematikan berbagai bakteri dan kuman yang ada di dalamnya.

Author: rizkyaditia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *