Blogger perempuan indonesia

Mengenali Komponen Panel Listrik Beserta Fungsinya Pada Pabrik

Untuk menjalankan aktivitas di dalam sebuah pabrik maka yang namanya aliran listrik yang terjaga dan sesuai dengan yang dibutuhkan sangat dibutuhkan. Hal ini untuk menjaga setiap produksi yang dilakukan agar bisa terus berjalan secara maksimal. Sebagaimana diketahui pada sebuah pabrik untuk menjalankan setiap tahapan produksinya adanya energi listrik tidak boleh sampai terputus atau terganggu, karena dapat menimbulkan berbagai resiko baik itu kerusakan mesin atau hal yang lebih buruk tejadinya kebakaran.  Untuk itu dalam mengsiasatinya harus mengetahui beberapa komponen panel listrik pabrik beserta fungsinya, sehingga dapat memperkecil resiko akan kecelakaan pada listrik.

Mengenali berbagai komponen dalam panel listrik pabrik terutama dalam hal fungsinya akan memudahkan anda dalam penggunaan pada panel listrik tersebut. Dan diantara komponen panel listrik yang sering digunakan untuk pabrik diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Miniature Circuit Board (MBC).

Komponen ini merupakan komponen yang memiliki fungsi pentinng dalam mengatur atau pembatas arus listrik karena naiknya suatu daya atau tegangan yang bisa melampui batas. Berbentuk beragam dari satu hingga beberapa pole komponen pada pembatasan arus listrik yang dilakukan terbatas hanya pada arus listrik yang kecil atau kurang dari 100 Amper.

2. Moulded Case Circuit Breaker (MCCB).

Hampir sama dengan komponen MBC,  komponen ini juga berfungsi menjadi pembatas arus yang berlebih. Yang jadi perbedaannya yaitu pade pembatasan bebanya yang dengan MCCB jauh lebih besar yaitu pada 100 Amper lebih hingga bisa mencapai 1600 Amper.

3. Ground Foult Circuit Interruption (GFCI).

Berbeda dengan dua komponen sebelumnya dalam GFCi berfungsi seolah-olah menjadi Circuit Breaker yang reaksinya lebih cepat dibandingkan dengan MCB. Dengan adanya komponen GFCI maka pengawasan akan listrik bisa dilakukan lebih rinci, sehingga jika terdapat masalah pada kabel yang terbuka dan mengenai manusia maka dampak yang diakibatkannya tidak akan menyebabkan kematian pada manusia. Secara langsung komponen ini berfungsi dalam mengamankan arus listrik yang liar atau yang tidak difungsi.

Beberapa komponen tadi dalam keberadaannya dalam panel listrik disuatu pabrik sangat penting untuk ada, sehingga banyak pabrik-pabrik yang menggunakannya demi keamanan dan kelancaran fungsi listrik.