Blogger perempuan indonesia

Tips-Tips Dalam Membeli Rumah Terbaik

Mempunyai hunian yang nyaman dan sesuai dengan keinginan merupakan hal yang banyak dicita – citakan oleh banyak orang. Dibutuhkan kehati-hatian dalam melakukan transaksi dalam membeli rumah. Hal tersebut dikarenakan dalam cari rumah di jual di Indonesia terkadang terjadi beberapa persoalan yang akan datang tiba – tiba dikemudian hari. Misaalnya jika muncul sengketa maka tentu sebagai pembeli rumah anda akan direpotkan baik secara energi maupun biaya yang akan dikeluarkan. Beberapa tips teraik dalam membeli rumah antara lain :

Tips-Tips Dalam Membeli Rumah Terbaik

  • Pelajari terlebih dahulu sertifikatnya. Apabila anda akan membeli rumah mintalah foto copy sertifikatnya. Apabila tanah yang telah ada bangunannya tersebut memiliki sertifikat perhatikan data – data penting ketika anda membaca sertifikat tersebut.
  • Lakukan proses balik nama. Proses pembalikan nama harus dilakukan diawal saat pembelian rumah. Apabila anda menundanya maka suati saat jika anda ingin membalikkan nama, anda akan menanggung biayanya sendiri.
  • Jangan membayarkan sejumlah uang jika persyaratan balik nama belum lengkap.
  1. Apabila anda mencari rumah di jual di Indonesia maka lengkapilah semua persyaratan agar proses balik nama menjadi lancar. Biasanya notari atau PPAT yang akan menanyakan segala pesyaratannya.
  2. Apabila anda terpaksa melakukan pembelian secara tidak tunai. Maka pastikan penjual adalah orang yang beritikad baik. Apabila sertifikat rumah telah dapat dieksekusi maka secepatnya lakukan proses balik nama. Namun apanila sertifikat masih dalam proses pengerjaan seperti pemecahan atau sertifikat masih didaftarkan maka anda harus memastikan notaris / PPAT tempat membuat perjanjian adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pengurusan sertifikat rumah tersebut. Apabila pembayaran belum lunas dan sertifikat telah dapat dibalik nama maka ini adalah suatu keuntungan bagi anda yang telah membeli rumah. Jika demikian segeralah lunasi uang pembayaran beli rumah anda dengan menstransfer sejumlah uang kekurangan pembelian melalui BTN kepada penjual rumah.
  • Jangan membeli rumah yang tidak memiliki sertifikat. Apabila anda tetap membeli rumah yang tidak bersetifikat maka anda akan menanggung banyak resiko.