Blogger perempuan indonesia

Beberapa hal Suksesnya Mark Zuckerberg

Siapa sih yang enggak kenal Mark Zuckerberg? Si pendiri facebook ini baru aja ulang tahun yang ke 30 tahun lho di tanggal 14 Mei kemarin.

Dan di usianya yang ketiga puluh ini, ada 30 hal darinya yang bisa kamu contek biar bisa ikutan sukses! Langsung tengok aja yuk apa – apa aja yang bisa kita contek dari si jutawan kaya raya termuda ini! Siapa tahu kita benar – benar bisa ketularan sukses.

1. Temukan Hal Yang menjadi Passionmu

Salah satu yang pantas ditiru dari Mark Zuckerberg adalah passionnya untuk mengembangkan situs facebook miliknya. Dengan melakukan sesuatu yang menjadi passionmu, maka kamu akan memiliki energi tak terbatas untuk berusaha semaksimal dan sebaik mungkin. Ini juga berarti kamu akan memiliki energi untuk bangkit saat ada masalah dalam usahamu.

2. Lakukan Hal Penting Yang Bisa Kamu Lakukan

Zuck menjalani hari – harinya dengan membuat skala prioritas tentang hal yang akan dilakukannya. Menurut pengakuannya, hampir setiap hari dia terbangun dengan pertanyaan “Apakah aku telah melakukan hal terpenting yang bisa aku lakukan?”

Membuat skala prioritas ini akan membuatmu fokus terhadap permasalahan – permasalahan yang menuntut perhatianmu terlebih dulu, sehingga kamu tidak akan membuang – buang waktu dengan masalah sepele dan mengabaikan masalah penting yang ada di depan matamu. Jadi mulai belajar buat skala prioritas yuk!

3. Ingatlah Bahwa Sukses Ada Setelah Kegagalan

Udah pada tau kan kalau sebelum membuat Facebook, Zuck telah lebih dulu membuat situs Facemash? Namun ternyata Facemash ini tidak berkembang baik, atau mungkin bisa juga dibilang gagal. Namun dari kegagalan ini Mark justru bisa berinovasi dan belajar dari kegagalannya dengan membuat Facebook yang tentu saja akrab banget buat kita.

4. Jangan Gampang Tergiur Dengan Penawaran Pertama

Apa yang terjadi jika Zuck menjual Facebook terlebih dulu tanpa menjualnya ke pasar modal? Ya, ya sudah pasti sih Zuck tidak akan menjadi miliuder termuda saat ini. Sebelum dibuka ke pasar modal, telah banyak orang – orang yang ngantri buat beli Facebook. Tapi toh Zuck tetap keukeuh mertahanin si Facebook hingga sesukses sekarang.

Jadi mulai percaya pada prinsip dan hati nurani kita ya, pilih tawaran yang bener – bener pas dan nguntungin buat kamu. Kalau kamu sendiri nggak yakin ya jangan diambil tawarannya.

5. Persiapkan Dirimu dari Beragam Kritik

Setelah menyakini prinsip dan kata hatimu, kamu harus mulai menyiapkan dirimu untuk beragam kritik, baik kritik yang menyerang maupun kririk yang membangun ditujukan untukmu. Facebook enggak mungkin bisa sebesar sekarang jika Zuck tidak siap dengan kritik – kritik hingga pelarangan situs Facebook dari beberapa penjuru dunia.

6. Tetapkan Tantangan – Tantangan Pribadimu

Tahukah kamu jika setiap tahunnya Mark Zuckerberg memiliki resolusi tahunan yang ingin diwujudkannya? Bahkan pada tahun 2010 yang lalu Zuck rela belajar bahasa Mandirin agar bisa berkomunikasi dengan keluarga Priscilla Chan, istrinya yang merupakan keturunan Amerika – Cina.

Kamu sendiri udah punya resolusi tahunan, belum?

7. Jangan Takut Buat Ambil Resiko

Motto Facebook pada awal berdirinya adalah “Larilah dan jangan takut untuk menjadi beda!” Motto seperti inilah yang ditanamkan Zuck pada pegawai – pegawainya. Dan dengan budaya “trial and error” inilah Facebook kemudian dapat berkembang pesat dan menjadi salah satu situs terbesar di dunia.

Lalu, kamu masih malu – malu kucing buat ngambil resiko sekarang?

8. Biarkan Saja Orang Meremehkanmu

Pada sebuah wawancara Zuck mengatakan bahwa dia lebih nyaman untuk berada di lingkungan yang meremehkannya. Menurutnya, hal ini secara personal memberikan ruang gerak yang lebih bebas baginya dan diremehkan orang lain membuatnya ingin “balas dendam” dengan mengejutkan mereka melalui apa yang bisa dilakukannya. Hmmm, kira – kira kamu setuju nggak sama Mark?

9. Tetaplah Rendah Hati Dan Sederhana

Meskipun telah menjadi jutawan yang kaya raya, Mark Zuckerberg tidak lantas berfoya – foya dengan harta kekayaannya. Dibandingkan untuk memilih mobil – mobil mewah dan rumah megah, ternyata Zuck lebih memilih untuk fokus mengembangkan Facebook, bahkan untuk ini dia lebih memilih untuk tinggal di Palo Alto, dekat kantor Facebook.