Blogger perempuan indonesia

Pengertian Asuransi Motor

0

Kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua merupakan salah satu barang yang telah menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang, dimana hal tersebut berlaku karena kebutuhan mobilitas setiap individu kini semakin meningkat. Selain itu juga, dengan memiliki kendaraan bermotor akan sangat memudahkan Anda untuk menjangkau beberapa lokasi yang ingin Anda tuju dengan tepat waktu dan juga biaya yang dikeluarkan bisa lebih sedikit jika dibandingkan Anda menggunakan kendaraan umum. Namun, tahukah Anda bahwa memiliki kendaraan bermotor ini sangat baik jika Anda bisa menggunakan asuransi? Dengan barang yang bisa Anda asuransikan yaitu berupa:

  • Kendaraan roda dua seperti contohnya sepeda motor, skuter dan jenis lainnya yang memiliki mesin dan juga beroda dua.
  • Kendaraan roda empat dengan jenis mobil seperti sedan, minibus, pick up, jip, truk dan lain sebagainya.
  • Hingga aksesoris yang terdapat pada kendaraan Anda pun bisa diasuransikan demi menjamin kelengkapan segala jenis alat yang terdapat di dalam kendaraan bermotor Anda.

Lalu, apa yang menyebabkan kendaraan bermotor tersebut menjadi penting untuk diasuransikan? Hal tersebut karena tingkat kecelakaan yang tinggi saat ini menjadi salah satu alasan kuat untuk dapat memiliki asuransi motor sebagai salah satu alat transportasi yang Anda gunakan. Jadi, bukan hanya jiwa Anda yang perlu diasuransikan tetapi juga barang-barang disekitar Anda perlu untuk diasuransikan agar aman dana nyaman saat digunakan.

motor

Kerusakan Motor Yang Dapat Diasuransikan

Seperti halnya tubuh Kita, kerusakan pada kendaraan bermotor pun memiliki persyaratan penting untuk dapat menjalani proses asuransi tersebut, dimana diantaranya yaitu terjadinya:

  • Tabrakan, kendaraan motor hingga terbalik akibat tergelincir dan juga terjadinya benturan baik dengan sesama pengguna jalan maupun mengalami kecelakaan dengan alat-alat pada lalu lintas.
  • Pembobolan pada kendaraan motor yang biasanya terjadi pada mobil serta terjadinya pengambilan kendaraan motor pribadi dengan menggunakan kekerasan yang mungkin membahayakan jiwa Anda.
  • Kebakaran yang disebabkan oleh sambaran petir.
  • Kerusakan akibat pengangkutan pada kapal feri yang berhubungan dengan Dirjen Perhubungan Darat, dan juga
  • Biaya derek pada kendaraan bermotor Anda.

Dari hal-hal diatas dapat diketahui bahwa asuransi bagi kendaraan bermotor ini sangatlah penting mengingat tingkat kecelakaan dan juga kejahatan di jalanan semakin meningkat. Sehingga jika terjadi sesuatu hal seperti diatas, Anda bisa mengantisipasinya dengan segera dan tanpa takut lagi akan segala hal kerusakan hingga kehilangan. Oleh sebab itu, asuransi ini sangatlah penting bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor.

Resiko kendaraan motor yang tidak bisa dijamin

Namun begitu, terdapat pula kondisi dimana kendaraan motor tersebut tidak bisa dijaminkan akibat adanya:

  • Kehilangan pada kendaraan motor selama masa kecelakaan.
  • Terjadinya proses penggelapan, digunakannya kendaraan tersebut untuk kepentingan hal-hal jahat dan merugikan orang lain.
  • Kendaraan bermotor yang digunakan untuk belajar mengemudi atau karena mengikuti sebuah perlombaan dimana munculnya kerusakan akibat benturan atau tabrakan.
  • Pemilik kendaraan bermotor dan pengemudi belum memiliki SIM atau telah melakukan pelanggaran lalu lintas yang sesuai dengan hukum.
  • Serta kerusakan akibat bencana alam dan juga peperangan.

Hal-hal tersebut diatas merupakan beberapa contoh hal perihal kendaraan bermotor Anda dimana kendaraan tersebut tidak bisa menerima asuransi kendaraan sesuai dengan kesepakatan dari pihak asuransi dan juga pihak nasabah. Maka dari itu, penting bagi Anda dalam menjalankan program asuransi tersebut untuk mengetahui dengan pasti segala persyaratan yang harus dijalani.

Leave A Reply

Your email address will not be published.