Blogger perempuan indonesia

Tips Cara Menulis dengan Baik dan Berkualitas

0

Anda seorang penulis ? Jika iya, pastilah sesuatu yang anda tulis merupakan wawasan untuk anda sendiri dan orang lain. Oleh sebab itu, cara menulis dengan baik mesti anda perhatikan guna mempermudah semua pihak dalam menerima tulisan Anda. Lalu bagaimana tulisan yang dapat dibilang bagus atau baik ? Banyak sekali definisi yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Namun, jika semua jawaban terus dipersempit maka pada dasarnya tulisan yang bagus itu adalah tulisan yang bermanfaat.

Sebagai seorang penulis, baik online maupun offline, maka tingginya jumlah peminat terhadap tulisan Anda tergantung konten, isi, atau materi yang anda muat didalamnya. Berikut ini tips agar tulisan Anda menjadi lebih berkualitas.

  • Persiapan
    Langkah pertama yang harus anda perhatikan adalah sebuah persiapan. Dalam hal ini, persiapan yang dimaksud adalah persiapan berupa materi yang akan dibahas dan fisik anda sendiri. Materi yang akan Anda bahas berupa gagasan pokok atau inti tentang sebuah topik yang menarik. Sebaiknya hindarilah memikirkan terlebih dahulu kata kunci, pemberian nama judul, dan penutup. Pasalnya, dengan memikirkan terlebih dahulu hal-hal tersebut maka akan lebih membatasi pemikiran anda dalam mengembangkan isi materi.
  • Ide
    Ide merupakan hal pertama yang dipikirkan sebelum membuat sebuah tulisan. Untuk mendapatkan sebuah ide, banyak sekali sumber yang dapat anda temukan. Namun, sumber yang paling baik adalah berasal dari pengalaman anda sendiri, apa yang sudah anda ketahui, dikuasai, dan dipahami.
  • Research
    Anda mesti menambah wawasan anda mengenai topik yang akan anda bahas. Hal ini merupakan hal yang cukup penting dalam mengembangkan bahasa dan materi yang akan ditulis. Selain itu, gunakan pengembangan bahasa sendiri agar terhindar dari undang-undang hak cipta.
  • Tulis
    Jika semua informasi dan materi sudah Anda ketahui, maka selanjutnya adalah mengonversikan pikiran menjadi sebuah tulisan yang kaya akan manfaat. Baik dalam blog maupun tulisan diatas kertas, tulislah apa yang sudah anda ketahui mengenai materi yang sedang dibahas. Jangan pernah melenceng dari topik atau materi, misalnya “Anda membahas tentang cara menulis yang benar, tapi merambat hingga membahas sampul buku”.
    Setelah itu, Anda baru dapat mempublikasikan tulisan Anda kepada orang lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.