Blogger perempuan indonesia

Bisnis Budidaya Lele Dumbo

0

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan lele ? Ya, ikan berkumis tersebut memang saat ini tengah menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Selain dikenal dengan rasanya yang enak dan lezat, harga ikan lele tergolong murah namun meiliki nilai gizi yang baik. Oleh sebab itu, tidak heran jika lele menjadi menu utama untuk menemani nasi.

Selain itu, di sisi lain budidaya ikan lele memiliki peminat yang banyak. Ini merupakan sebuah peluang yang dapat anda manfaatkan untuk membuka bisnis budidaya ikan lele. Bisnis ikan lele ini juga merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena bisnis ini sendiri tidak pernah sepi akan peminat. Namun jangan salah, budidaya ikan lele pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk mengembangkan bisnis ini, ada beberapa aspek yang mesti diperhatikan.

Persiapan
Budidaya ikan lele tentunya memerlukan sebuah kolam. Anda dapat membuat kolam sendiri dengan ukuran kecil yaitu 7×5 meter. Setelah itu, sebelum dimasukkan air, kolam harus terlebih dahulu dikeringkan minimal tiga hari yang kemudian deberikan pupuk kandang dan kapur. Barulah anda dapat memasukkan air ke dalam kolam beserta dengan bibit ikan lele.

Bibit
Untuk bibit ikan lele, pilihlah bibit ikan lele yang masih berumur satu bulan. Bibit ikan lele tersebut biasanya memiliki ukuran antara 5-10 cm. Anda bisa memasukkan ikan lele sebanyak 400 ekor untuk setiap semester persegi area kolam. Meski ikan lele dapat memakan phytoplankton, lebih bagus juga jika mereka diberi makan berupa pelet atau sisa masakan di dapur.

Memperhatikan Ikan Lele
Jika ikan lele terkena penyakit sebaiknya segera diobati. Penyakit yang umumnya terjadi pada ikan lele yaitu penyakit bintik putih atau Inchthyopthirius multifilis karena pemberian kapur yang tidak benar atau kurang baik. Jika ikan lele terserang penyakit ini, maka anda harus menaburkan banyak garam dapur ke kolam agar lele sehat kembali.

Anda dituntut untuk memberikan pakan secara merata dan teratur. Dengan demikian, lele yang anda budidayakan akan memiliki berat badan yang maksimal dan relatif sama. Tidak akan ada lele yang berukuran terlalu kecil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.