Blogger perempuan indonesia

Gejala dan Pencegahan Kanker Serviks

0

Gejala dan Pencegahan Kanker Serviks

kanker serviks (meetdoctor.com) atau lebih dikenal dengan sebutan kanker mulut rahim adalah salah satu penyakit yang cukup ganas dan disegani terutama oleh kaum perempuan. Kanker serviks ini menyerang organ reproduksi pada wanita, untuk lebih detailnya pada bagian leher atau pintu masuk ke rahim atau antara kemaluan dan rahim pada perempuan.

Penyebab dari kanker yang cukup ganas ini adalah virus Human papilloma. Virus ini juga yang menjadi salah satu penyebab banyaknya kasus pada kematian wanita terutama human papilloma virus tipe 16 dan 18. Selain itu, virus ini juga dapat menyebar dan hingga pada orang lain melalui cairan, sentuhan kulit, penggunaan wc, dan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, kekurangan asupan vitamin dan asam folat. Akan tetapi, kebiasaan buruk yang lainnya yang mesti dihindari adalah keseringan berhubungan intim dengan berbeda atau berganti pasangan.

Gejala kanker serviks

Pada dasarnya, kanker serviks memerlukan waktu hingga 10-20 tahun dalam proses menjadi sebuah penyakit sejak awal mula terjadinya infeksi. Oleh sebab itu, berbeda dengan kanker seperti kanker tulang atau kanker lainnya, dalam perkembangannya kanker serviks sulit didiagnosa. Untuk perempuan alangkah lebih baik jika melakukan pengecekan minimal sekali dalam dua tahun dan melakukan test IVA. Akan tetapi, meski sulit didiagnosa waspadalah jika gejala-gejala berikut ini terjadi atau anda alami.

  1. Ketika melakukan hubungan intim, sering merasakan sakit atau bahkan mengalami pendarahan.
  2. Ketika haid atau menstruasi, darah yang keluar dengan jumlah yang tidak biasa dan berlebihan.
  3. Keputihan tidak normal yang disertai dengan pendarahan berlebih.
  4. Daerah sekitar pinggul terasa nyeri atau sakit.
  5. Nafsu makan berkurang, susah membuang air kemih, berat badan cenderung tidak stabil, pendarahan spontan, dan salah satu paha mengalami pembengkakan. Waspadalah jika gejala yang dialami seperti itu, karena dalam hal ini kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut.

Tips mencegah terkena kanker serviks

  1. Gunakan pola hidup yang sehat mulai dari makanan hingga lingkungan dan kepribadian.
  2. Menjaga kesehatan tubuh.
  3. Menghindari rokok
  4. Menghindari membersihkan bagian genital dengan menggunakan air yang tidak bersih.
  5. Menghindari berhubungan intim dibawah 18 tahun.
  6. Melakukan pemeriksaan pap smear.
  7. Untuk yang masih perawan, sebaiknya lakukan vaksinasi HPV.
  8. Setia terhadap pasangan anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.