Informasi Tentang Kuliah Jurusan Broadcasting

Banyak pihak atau calon mahasiswa yang masih kebingungan apa itu kuliah jurusan broadcasting. Banyak yang mengira bahwa perkuliahannya hanya belajar bagaimana cara memotret yang baik, bagaimana pengambilan gambar yang baik serta bagaimana mencari data untuk disebar atau disiarkan di tv atau radio nantinya.

Banyak yang keliru mengenai informasi tersebut. Memang pada dasarnya kuliah jurusan broadcasting dipersiapkan bagi mereka yang ingin berkarir di dunia pertelevisian atau radio. Hanya saja banyak hal yang sebenarnya diajarkan dan diasah ketika seseorang memilih kuliah jurusan broadcasting.

kuliah jurusan broadcasting
kuliah jurusan broadcasting

Dunia penyiaran atau broadcasting merupakan bagian dari ilmu komunikasi yang lebih terspesifikasi ke dalam dunia atau bidang yang lebih kompleks. Banyak hal yang dipelajari dalam kuliah jurusan broadcasting.

Berikut beberapa informasi yang bisa dihimpun:

1. Ilmu Komunikasi

Dalam dunia broadcasting, dasar yang akan diajarkan adalah ilmu komunikasi. Bagaimanapun sebagai bagian dari ilmu komunikasi, mahasiswa harus dibekali dasar ilmu komunikasi itu apa, bagaimana dan mengapa harus dipelajari. Banyak cabang atau bagian dari ilmu komunikasi yang akan dipelajari, seperti filsafat komunikasi, komunikasi masal, komunikasi persuasif dan lain-lain.

2. Fotografi

Mahasiswa juga akan dibekali serta diasah kemampuan fotografinya. Lulusan kuliah jurusan broadcasting akan dipersiapkan dengan kemampuan fotografi yang mumpuni. Artinya, selain komunikasi yang diasah, konten yang nantinya akan disajikan juga harus menarik dan persuasif bagi calon pemirsa. Maka dari itu, fotografi menjadi hal yang bisa menunjang dunia penyiaran.

3. Produksi

Selain kedua aspek yang diajarkan dan di pisahkan ketika memilih kuliah jurusan broadcasting, ada aspek yang akan diasah dan diberikan juga kepada mahasiswa, yaitu produksi. Produksi banyak halnya, bisa dari tahap pra produksi, produksi, bahkan sampai pasca produksi saat karya atau konten siap disiarkan atau disebarkan. Mengapa mahasiswa dibekali kemampuan produksi, karena lulusan nantinya diharapkan dan disiapkan juga untuk berkarir sebagai produser ataupun sutradara. Baik itu produser fiture tv atau radio sekalipun

Selain itu banyak juga hal yang akan dipelajari, seperti di IDS Education dimana mahasiswa akan diasah untuk siap berkarir di bidang penyiaran nantinya.

Author: rizkyaditia