cara hidup sehat

5 Cara Hidup Sehat Sederhana

Cara hidup sehat memang menjadi syarat mutlak untuk membebaskan Anda dari penyakit mengerikan, yang bisa saja membuat Anda punya umur panjang. Pola makan, tidur, dan aktivitas fisik menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini. Anda ingin hidup dalam keadaan normal dan sehat, tentu pola hidup sehat harus Anda jaga. Sebagaimana yang akan kami sajikan informasinya pada artikel ini, bagaimana cara mengatur pola hidup sehat secara sederhana. Mari kita simak ulasannya:

cara hidup sehat
cara hidup sehat

  • Mengatur Bakteri Baik Dalam Tubuh

Bakteri dalam tubuh ternyata memainkan peranan penting dalam penanganan penyakit kronis. Secara umum, 50 persen risiko penyakit disebabkan oleh pilihan hidup, sedangkan sisanya merupakan faktor genetika. Hal ini menunjukkan bahwa cara hidup sehat dengan menjaga bakteri baik dalam tubuh menjadi faktor penting dalam menghindarkan Anda dari beragam penyakit di kemudian hari. Mengatur bakteri baik bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotik dan membatasi penggunaan antibiotik.

  • Lakukan Pemeriksaan Tubuh Secara Teratur

Maksud dari cara hidup sehat ini adalah sebisa mungkin Anda tidak menemui dokter hanya pada saat sakit. Beragam tes kesehatan sebaiknya Anda lakukan secara teratur sesuai dengan usia dan jangka waktu yang ditentukan. Pola hidup sehat ini dapat menangkap masalah potensial pada tubuh, sehingga menghindarkan Anda dari penyakit mengerikan.

  • Pertahankan Berat Badan

Sudah menjadi hal yang umum diketahui bahwa berat badan mempengaruhi kesehatan seseorang. Kelebihan berat badan dapat memunculkan risiko penyakit mengerikan seperti diabetes, serangan jantung, bahkan beragam jenis kanker. Oleh sebab itu, Anda dapat menghubungi dokter untuk mengonsultasikan berat badan.

  • Lakukan Latihan Fisik

Tidak hanya dilakukan untuk membentuk tubuh atau mengatur berat badan, latihan fisik dapat membantu metabolisme dalam tubuh Anda. Selain itu, dengan melakukan latihan fisik, Anda dapat terhindar dari penyakit jangka panjang. Tak hanya bagi kesehatan fisik, olahraga atau latihan fisik dapat berperan dalam menjaga kesehatan mental. Hal inilah yang dapat meningkatkan harapan hidup Anda.

  • Berhenti merokok

Kebiasaan merokok memang kerap menjadi hambatan sebagian orang untuk melakukan pola hidup sehat. Padahal, merokok dapat memicu penyakit jantung, stres oksidatif, bahkan sampai kerusakan DNA. Jika Anda ingin hidup lebih lama karena menjalankan cara hidup sehat, berhenti merokok dari sekarang.

Author: rizkyaditia