perawatan kulit

Cara Perawatan Kulit Kering Dan Berminyak

Manusia yang satu dengan yang lainnya jelas sekali akan memiliki perbedaan meskipun perbedaan tersebut kecil dan hampir tidak terlihat secara kasat mata. Salah satu hal yang berbeda dari manusia yang satu dengan yang lainnya adalah perbedaan dalam hal jenis kulit.

Setidaknya ada dua jenis kulit manusia yang bisa menjadi masalah bagi yang memilikinya jika tidak dilakukan perawatan kulit secara benar dan tepat. Kedua jenis kulit tersebut adalah kulit kering dan kulit berminyak. Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana cara melakukan perawatan kulit yang benar dan cocok untuk kedua jenis kulit tersebut ?

Bagi anda yang memiliki jenis kulit kering atau berminyak dan anda ingin sekali melakukan perawatan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan melakukan perawatan kulit kering dan berminyak.

Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

1. Cara perawatan untuk jenis kulit kering yang bisa anda lakukan diantaranya adalah gunakan sabun dan produk pembersih dengan kandungan yang ringan. Hindari sabun deodoran, lebih baik ambil waktu singkat saat mandi, hindari melakukan scrub atau gerakan menggosok saat mandi, oleskan pelembap setelah mandi. Ulangi setiap kali kulit terasa kering, sebisa mungkin, kenakan sarung tangan saat menggunakan deterjen ataupun produk pembersih lain, usahakan agar suhu dalam ruangan tidak terlalu panas.

2. Cara perawatan untuk jenis kulit berminyak yang bisa anda lakukan saat ini adalah gunakan produk perawatan kulit yang tidak menyumbat pori, yang dapat ditandai dengan label “noncomedogenic, cucilah wajah setiap selesai berkeringat. Tetapi, dianjurkan tidak lebih dari dua kali sehari, hindari memencet jerawat yang muncul pada kulit, karena justru akan membuatnya lebih sulit hilang, hindari menggosok saat mandi dan pilih pembersih dengan kandungan lembut.

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan cara perawatan kulit untuk jenis kulit kering dan berminyak. Jadi, bagi anda yang saat ini memiliki kedua jenis kulit tersebut di atas, jangan terlau risau dan khawatir. Ternyata, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk merawat kondisi kulit anda tersebut sehingga kondisi kulit seperti itu akan tetap terlihat sehat, mulus dan bercahaya.

Author: rizkyaditia