Kesehatan Bayi

Cara Menjaga Kesehatan Bayi

Setiap ibu pastinya ingin memiliki bayi yang sehat, akan tetapi terkadang kesehatan bayi terganggu. Hal tersebut dikarenakan kebersihan sekitar bayi kurang terjaga. Selain itu juga faktor sistem kekebalan tubuh bayi masih sangat lemah sehingga membuat bayi sangat rentan terinfeksi oleh berbagai kuman penyebab penyakit. Untuk bisa mencegah hal tersebut, maka anda sebagai ibu bisa memperhatikan beberapa tips dalam menjaga kesehatan si buah hati.

Berikut ini merupakan beberapa tips dalam memelihara kesehatan bayi yang bisa anda ketahui diantaranya yaitu:

  • Cucilah tangan setiap kali akan menyentuh bayi seperti memberi akan memberi makan atau bahkan ketika akan mengganti popok. Hal tersebut dikarenakan tangan bisa saja membawa berbagai macam bakteri dan juga kuman penyebab berbagai penyakit yang bisa saja terbawa dari tangan ketika akan menyentuh bayi.
  • Sterilkan botol susu dengan benar. Caranya yaitu anda bisa merebus botol tersebut dalam air, dengan begitu kuman dan juga bakteri penyebab berbagai penyakit bisa mati. Cara perebusan botol susu untuk botol susu yang terbuat dari kaca sedangkan untuk botol susu tidak dianjurkan untuk dilakukan pensterilan dengan cara merebusnya.
Kesehatan Bayi
Kesehatan Bayi
  • Bersihkan mulut bayi dengan menggunakan kain yang lembut. Hal tersebut dikarenakan mulut bayi masih sangat halus dan juga sensitif. Bersihkan mulut dari sisa makanan yang tersisa bisa mencegah infeksi jamur pada lidah bayi.
  • Gantilah popok bayi

Agar bisa terhindar dari infeksi saluran kemih, maka anda jangan pernah membiarkan popok bayi basah semalaman. Untuk itu anda harus sering menggantinya, apalagi jika bayi buang air besar. Anda harus segera menggantinya dengan popok yang bersih.

  1. Mandikan bayi ataupun anda juga bisa memberishkan  tubuh bayi dengan menggunakan kain yang lembut. Hindari keringat yang menempel pada tubuh bayi terlalu lama, hal tersebut bisa saja menyebabkan infeksi jamur pada tubuh bayi. Mandikan bayi dengan menggunakan air hangat dan juga sabun agar tubuh bayi bersih.
  2. Bersihkan juga puting susu ibu sebelum menyusui. Hal tersebut dikarenakan bisa saja terdapat keringat dan juga  bahan kimia seperti parfum dan juga deodorant yang menempel pada puting susu. Dengan cara ini maka bisa melindungi bayi dari berbagai penyakit.
Author: rizkyaditia