Tips Gigi Agar Terhindar Dari Gigi Berlubang

Tips Gigi Agar Terhindar Dari Gigi Berlubang

Jika anda memiliki gigi berlubang, maka akan mengganggu anda saat mengunyah makanan. Makanan banyak yang tertinggal dalam gigi berlubang tersebut. Makanan yang tertinggal dalam gigi berlubang tersebut lama kelamaan akan menjadi “sampah” yang seharusnya anda buang karena akan mengundang berbagai bakteri dan kuman dalam gigi.

Nah, jika sampah tersebut tidak berhasil, selain akan menimbulkan bau yang tidak enak, kuman dan bakteri pun akan bersemayam di tempat gigi yang berlubang. Dalam kondisi seperti itu, jelas akan membahayakan kesehatan gigi anda. Kesehatan gigi begitu sangat penting untuk manusia, oleh karena itu diperlukan cara atau tips merawat gigi yang benar agar gigi anda terhindar dari kondisi gigi yang berlubang.

Perawatan tersebut jangan ditunda – tunda hingga akhirnya anda menderita gigi berlubang. Lakukan sejak dini pada diri anda agar kondisi gigi berlubang tidak akan menghampiri anda. Lakukan perawatan gigi tersebut juga pada anak – anak kita, berikan contoh dan arahan kepada mereka agar mereka senantiasa menjaga dan merawat gigi dengan baik dan benar.

Tips Gigi Agar Terhindar Dari Gigi Berlubang
Tips Gigi Agar Terhindar Dari Gigi Berlubang

Untuk cara atau tips merawat gigi agar terhindar dari kondisi gigi berlubang, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Adapun cara atau tips merawat gigi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Sikat gigi setelah makan

Jika anda ingin terhindar dari gigi berlubang disarankan anda menyikat gigi setidaknya setiap kali sesudah makan.

  • Bersihkan gigi dengan berkumur

Selain menyikat gigi, berkumurlah dengan menggunakan cairan pembersih mulut. Berkumur hampir cukup ampuh untuk menghilangkan plak dan bakteri dari dalam mulut.

  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Gigi Anda memerlukan perlindungan dari bagian enamel gigi, lapisan keras terluar gigi. Fluorida dapat melindungi gigi Anda dari senyawa asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dengan mencegah bakteri pada plak gigi memproduksi zat asam ini.

  • Periksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter

Tips merawat gigi berikutnya adalah periksa gigi anda secara rutin ke dokter. Jika kondisi gigi menunjukkan bahwa gigi rentan berlubang, dokter akan memberikan perlindungan lebih kepada gigi berupa sealantSealant adalah jaket pelindung gigi yang dapat melindungi enamel gigi dari zat asam dan plak yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Author: rizkyaditia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *