bisnis

Dampak Positif Teknologi Komunikasi Bagi Pendidikan

Pendidikan merupakan sebuah istilah yang sangat penting kita dapatkan. Smua manusia khususnya yang berada di Indonesia telah memperoleh jaminan dari pemerintah tentang pendidikan. Artinya, bahwa pendidikan tersebut sangat penting untuk diberikan kepada siapa saja yang saat ini berada pada usia – usia yang mengharuska mereka menuntut ilmu secara formal di sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SLTP SLTA hingga tingkat perguruan tinggi.

Proses kegiatan pendidikan ini tentunya harus didukung oleh beberapa hal yang bisa membantu mewujudkan program pendidikan tersebut. Dalam hal ini adalah berupa perangkat teknologi komunikasi yang bisa dijadikan sebagai media pendukung sehingga masyarakat akan sangat mudah mengikuti berbagai program atau rencana untuk menggalakan pendidikan di negara kita tercinta ini. Perangkat sebagai hasil penemuan dalam bidang teknologi komunikasi tersebut dipercaya bisa memberikan dampak positif bagi pendidikan yang tengah digalakan di negara kita ini.

Beberapa dampak positif yang bisa dihasilkan dari adanya penemuan – penemuan dalam bidang teknologi komunikasi adalah sebagai berikut :

  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptlah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka .

Demikianlah beberapa dampak positif yang dihasilkan dari adanya penemuan – penemuan perangkat sebagai hasil kemajuan teknologi komunikasi dewasa ini. Bagi anda yang memiliki kemampuan menciptakan sebuah atau beberapa perangkat teknologi komunikasi atau teknologi apa pun, sebaiknya anda melakukan penelitian untuk menemukan perangkat – perangkat teknologi yang bisa memberikan manfaat positif dalam bidang pedidikan, mengingat kualitas pendidikan di negara kita ini belum begitu menggembirakan,

Salah satunya adalah kurangnya teknologi yang bisa mendukung proses transfer pengetahuan dari guru kepada para siswanya. Namun juga bukan berarti bahwa penemuan – penemuan lainnya tidak boleh, tentu saja diperbolehkan asalkan hasil penemuan tersebut bisa lebih banyak membawa dampak positifnya jika dibandingkan dengan dampak negatifnya.

Author: rizkyaditia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *