manfaat tidur siang

4 Manfaat Penting Tidur Siang Untuk Si Kecil

manfaat tidur siang

Tidur siang bagi anak merupakan kebutuhan penting yang harus terpenuhi setiap harinya. Meskipun di masa kanak-kanak mereka selalu asyik bermain, namun di jam tidur siang anda harus mengkondisikan agar si kecil menuju kamar tidurnya. Adapun waktu tidur siang yang benar, jika anak tidur selama 10-12 jam di malam hari, maka si kecil harus tidur selama 2 jam di siang hari. Jika anak tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup atau bahkan tidur siang, maka hal tersebut dapat mengganggu kesehatan, berat badan dan mood si kecil menjadi lebih rewel.

Sampai anak berusia 4 tahun, sebenarnya ia masih perlu untuk tidur siang, dan menginjak usia 5 tahun banyak diantaranya yang sudah berhenti tidur siang. Pada artikel kali ini, kami akan memaparkan manfaat tidur siang yang penting untuk tumbuh kembang buah hati.

     Menjaga kesehatan

Waktu tidur sangat diperlukan oleh anak untuk mengembalikan tenaga yang telah digunakan selama melakukan berbagai aktivitas fisik saat ia terbangun. Kebutuhan energi anak sangat besar karena masa pertumbuhan dan keaktifan anak anda. tidur siang dengan lelap merupakan cara terbaik dan waktu yang tepat untuk tubuh beristirahat serta mengembalikan tenaga dan kesegaran tubuh.

      Mengurangi rasa sakit

Saat anak sedang mengalami sakit, seperti karena keseleo, sakit gigi dan lainnya, dengan tidur siang cukup dipercaya akan mampu mengurangi rasa sakit yang dialami. Meskipun di saat mengalami sakit, anak menjadi lebih rewel dan sulit untuk tidur namun anda bisa mengkondisikannya.

      Merangsang pertumbuhan

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University, diketahui bahwa dengan tidur siang yang cukup pada anak balita maka ia cenderung memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih baik dibandingkan anak yang kurang waktu tidurnya.

      Meningkatkan mood si kecil

Anak yang kurang tidur akan terganggu suasana hatinya sehingga ia cenderung lebih rewel, mudah cemas dan kurang tertarik dengan keadaan lingkungan di sekelilingnya. Hal ini karena faktor kelelahan dan perasaan kurang nyaman pada tubuh anak.

Itulah 4 manfaat tidur siang yang sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang buah hati, semoga bermanfaat.

Author: rizkyaditia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *