macam-macam jerawat

Macam-Macam Jerawat Berdasarkan Tempat Tumbuhnya

macam-macam jerawat

Salah satu keluhan pada kulit yang banyak dikeluhkan banyak orang adalah jerawat. Jerawat umumnya tumbuh di kulit wajah. Banyak hal yang menyebabkan kulit berjerawat, baik karena faktor hormonal atau karena kurang bersihnya permukaan kulit hingga pori-porinya tersumbat. Yang paling banyak mengeluhkan tumbuhnya jerawat pada wajah adalah para remaja.

Pemicu timbulnya jerawat pada remaja yaitu faktor hormonal selain kurang bersihnya permukaan kulit oleh berbagai kotoran yang menempel. Jerawat pun bisa tumbuh di mana saja selain pada wajah. Oleh karena itu, terdapat macam-macam jerawat berdasarkan tempat tumbuhnya.

macam-macam jerawat

Berikut adalah macam-macam jerawat berdasarkan tempat tumbuhnya.

  • Jerawat pada bagian muka atau wajah. Jerawat ini sangat umum ditemukan dan sangat umum banyak dikeluhkan orang. bahkan, sebagian orang mengira bahwa jerawat hanya tumbuh pada wajah saja.
  • Jerawat di dahi. Dahi memang bagian dari wajah. Hanya saja dari beberapa bagaian wajah yang lain, dahi lebih rentan ditumbuhi jerawat. Mungkin saja karena pada dahi lebih banyak mengeluarkan kegiatan.
  • Jerawat di hidung. Hidung pun merupakan bagian dari wajah. Namun karena bentuknya banyak lipatan, hidung merupakan tempat favorit sebagai tempat tumbuhnya jerawat. Biasanya tumbuh pasa sekitar batang hidung.
  • Jerawat di punggung
  • Jerawat di bagian kemaluan
  • Jerawat di leher
  • Jerawat di paha

Selain macam-macam jerawat  berdasarkan tempat tumbuhnya seperti yang diuraikan di atas,ada juga jenis jerawat berdasarkan cirri-ciri jerawat tersebut. Baik dilihat dari bentuknya, parah dan tidaknya terhadap kesehatan wajah, juga dilihat dari faktor pemicunya. Misalnya saja jerawat biasa, jerawat batu, jerawat vulgaris dan lain sebagainya. Jerawat biasa timbul akibat kurang bersihnya permukaan kulit sehingga pori-porikulit tersumbat dan memicu timbuknya jerawat.

Jerawat biasa ini mudah diobati dan tidak memeberikan bekas jerawat yang susah untuk dihilangkan. Beda halnya dengan jerawat batu yang memerlukan penanganan cepat karena bekasnya agak sulit untuk dihilangkan. Apalagi jerawat vulgaris sangat membutuhkan pelayanan yang baik secara medis. Karena jerawat vulgaruis disebabkan oleh kelainan hormon pada seseorang sehingga menimbulkan jerawat yang akut dan cukup menghawatirkan.

 

Author: rizkyaditia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *