makanan untuk diabetes

3 Jenis Makanan Yang Disarankan untuk Diabetes

makanan untuk diabetes

Kelebihan kadar gula dalam tubuh atau yang disebut sebagai penyakit diabetes atau juga kencing manis, merupakan salah satu penyakit yang kini banyak diderita oleh banyak orang dan termasuk penyakit yang berbahaya setelah jantung dan kanker. Penyakit ini ditimbulkan karena beberapa factor seperti katurunan dan juga karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kadar gula. Jika anda memiliki keturunan dari orang tua yang menderita diabetes, maka kemungkinan besar anda juga terserang penyakit tersebut, sehingga untuk menghindarinya, anda mesti menjaga asupan makanan yang mengandung banyak kadar gula di dalamnya.

Makanan untuk diabetes sebenarnya banyak sekali, anda tidak perlu diet secara berlebihan untuk menghidarinya, karena akan menyebabkan datangnya penyakit yang lain.

Jika sudah terserang penyakit kencing manis ini, maka kemungkinan besar penyakit berbahaya lainnya pun datang seperti jantung, stroke, dan juga darah tinggi. Ketika menderita diabetes, maka darah yang mengalir ke dalam jantung dan seluruh tubuh akan mengental, sehingga darah tidak mengalir dengan lancar. Jika darah sudah mengental, maka besar kemungkinan darah akan tersumbat di dalam pembuluh darah dan berakibat hipertensi dan parahnya lagi dapat mengakibatkan serangan jantung dan juga stroke.

Nah berikut ada beberapa makanan untuk diabetes yang dapat anda konsumsi dengan aman, beberapa diantaranya yaitu :

1. Bayam

Kandungan vitamin K, mineral, dan juga flavonoid pada sayuran bayam, dipercaya dapat menurunkan resiko diabetes sampai 14 persen. Makanan yang digemari oleh tokoh kartun ini merupakan makanan yang mudah ditemukan di Indonesia. Dengan banyak mengkonsumsi sayuran bayam dan sayuran hijau lainnya, resiko terserang penyakit diabetes semakin berkurang.

2. Brokoli

Sayuran hijau yang mudah untuk ditemukan ini, memiliki kandungan senyawa sulforaphane yang berprean penting dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Sehingga resiko terkena penyakit diabetes semakin minim, jika anda dapat secara rutin mengkonsumsi sayuran tersebut.

3. Kunyit

Jenis rempah-rempahan yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Kunyit sering dijadikan sebagai bumbu masak dan juga obat untuk berbagai penyakit salah satunya adalah mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan kurkumin pada kunyit, berperan penting dalam mengontrol lemak, sehingga anda akan terbebas dari resiko besar penyakit diabetes.

Selain ketiga makanan di atas, anda pun perlu makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan. Walaupun rasanya manis, tapi kandungan manis tersebut berasal dari buah secara alami. Namun jika anda ingin membuat jus buah dengan tambahan pemanis, maka anda dapat menambahkan tropikana slim ada jus tersebut.

Author: rizkyaditia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *