perawatan kuku

Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Sehat Dan Mengkilap

Kuku merupakan bagian dari tubuh kita yang terdapat pada ujung jari tangan dan kaki, kuku jika dirawat dengan baik, maka akan terlihat bersih dan rapih apabila menggunakan bahan-bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan serta tidak merusak permukaan kuku dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat membuat kuku menjadi kusam dan tidak mengkilap.

Tahukah Anda bahwa kuku dapat mengidentifikasi penyakit yang ada dalam tubuh? Sebetulnya jika kita amati bahwa kuku yang sehat itu adalah memiliki warna pink muda, tidak pucat dan memiliki tanda bulan sabit pada pangkal kuku.

perawatan kuku

Jika tanda bulan sabit terdapat minimal 8 dari sepuluh jari tersebut maka Anda tidak sedang mengidap penyakit serius, namun sebaliknya jika pada kuku Anda tidak memiliki tanda bulan sabit warna putih, berarti kondisi tubuh Anda sedang tidak fit. Untuk masalah ini bisa Anda konsultasikan ke dokter.

Untuk kali ini kita akan membahas tentang perawatan kuku agar terlihat sehat dan mengkilap dengan menggunakan bahan alami:

  1. Perawatan kuku bisa menggunakan jeruk nipis atau lemon, cara ini sangat mudah sekali dan siapa pun dapat melakukannya. Caranya adalah dengan mengambil 1 buah jeruk nipis, kemudian belah menjadi dua dan gosokan pada kuku Anda sampai merata, atau bisa diperas terlebih dahulu dan usapkan dengan menggunakan kapas.
  2. Menggunakan lidah buaya, kandungan pada lidah buaya mampu melembabkan jari dan kuku Anda, caranya adalah dengan mengoleskannya pada kuku dan diamkan sampai kering, kemudian bilas dengan air bersih kemudian keringkan dengan handuk. Hasilnya akan terlihat seketika, kuku akan mengkilap, bersih dan lembab.
  3. Belimbing wuluh, dengan menggunakan belimbing wuluh sama halnya seperti perawatan dengan jeruk nipis, potong belimbing wuluh dan gosokan pada kuku secara perlahan, kandungan asam yang terdapat pada belimbing wuluh dapat menghilangkan kotoran dan mencerahkan permukaan kuku.
  4. Buah pepaya, cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan buah pepaya yang ditempelkan pada kuku, kemudian diamkan beberapa saat dan bilas dengan air hangat.
  5. Madu, khasiat madu bagi tubuh sangat bermanfaat sekali, madu juga bisa dijadikan untuk masker kuku, caranya dengan mengoleskan pada kuku dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Itulah beberapa tips perawatan kuku secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang alami, dengan melakukannya secara rutin, maka hasilnya pun akan terlihat lebih cerah, sehat dan mengkilap.

Author: rizkyaditia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *