Keajaiban Air Susu Ibu (ASI)

ASI atau air susu ibu merupakan cairan yang keluar dari bagian anggota tubuh wanita, yaitu payudara seorang ibu. ASI adalah sumber makanan dan minuman bagi bayi hingga berumur 2 tahun.

Air susu ibu hanya bisa diperoleh jika seorang ibu telah melahirkan anak, dan bersamaan dengan itu, keluarlah ASI yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan buah hati tercinta selama masa bayinya dan akan berhenti dengan sendirinya pada saat anak telah cukup umur untuk disapih (berhenti minum ASI), yaitu umur 2 tahun.

Air susu ibu merupakan cairan yang ajaib dan tiada bandingnya dengan cairan lainnya. ASI mengandung gizi dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati anda tercinta dan bisa dicerna dengan baik dan sempurna oleh sistem pencernaan bayi yang masih sensitif.Keajaiban Air Susu Ibu (ASI)

Zat gizi yang terkandung dalam ASI ialah omega-3 yang bermanfa’at untuk perkembangan otak dan retina mata pada bayi. Selain itu, kandungan zat gizi yang terkanndng dalam ASI juga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit, seperti obesitas, serangan jantung, dan diabetes.

ASI juga kaya akan oksitosin yang dapat memberikan efek ketenangan pada anda dan bayi anda. itu sebabnya, anda dan si kecil sering merasa rileks dan mengantuk hingga tertidur disaat anda memberikan ASI pada si kecil.

kandungan laktosa pada ASI juga dapat menghilangkan rasa lapar dan haus pada si kecil, sehingga ia akan merasa kenyang setelah minum Air susu ibunya.

Pertumbuhan tulang dan otak pada si kecil, bisa diperoleh dari kandungan protein yang ada didalam ASI, sedangkan peningkatan berat badan bayi anda didapat dari bagian ASI yang kental seperti krim yang mengandung lemak baik untuk pertumbuhan si kecil.

Manfa’at ASI juga bisa didapatkan oleh anda sebagai ibu yang menyusui. Isapan ASI yang dilakukan oleh bayi dapat meningkatkan kontraksi pada rahim, sehingga membantu rahim kembali kepada ukuran semula dan mencegah terjadinya pendarahan.

ASI juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker payudara, indung telur, penyakit disekitar persendian dan dapat membantu anda dalam proses penurunan berat badan.

Itulah beberapa manfa’at yang bisa diperoleh dari keajaiban Air susu ibu dan tidak dapat tergantikan oleh apapun yang ada di dunia ini.

Author: rizkyaditia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *