Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tubuh manusia merupakan sistem yang terdiri dari beberapa organ yang bekerja sama satu dengan yang lainnya untuk menjalankan fungsi tubuh secara keseluruhan sehingga tubuh dapat beraktifitas dengan baik dan sehat. Ada begitu banyak organ di dalam tubuh, beberapa diantaranya memiliki peranan yang sangat penting, seperi jantung, paru – paru, ginjal, otak, lambung dan darah. Jika kesehatan jantung misalnya, mengalami gangguan maka hal ini akan mengganggu kesehatan tubuh secara umum.

Kesehatan

Jantung merupakan salah satu organ vital yang memiliki peranan pentng di dalam tubuh. Jantung memiliki fungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh, agar darah dapat berputar untuk mengangkut oksigen yang diperlukan sebagai bahan metabolisme tubuh. Jantung bekerja layaknya pompa air ia akan membantu mengalirkan darah, sehingga jika jantung mengalami gangguan maka hal tersebut juga akan menggangu alairan darah yang berputar di dalam tubuh.

Jantung adalah salah satu organ yang bekerja sepanjang hari tanpa istirahat selama manusia tersebut hidup. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatannya agar jantung tidak rusak. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung :

  1. Olah raga secara teratur, olah raga adalah salah satu aktifitas yang dapat membantu meyehatkan jantung. Dengan melakukan oleh raga mka seluruh organ tubuh akan bergerak seingga otot – oot yang ada di organ tersebut menjadi lebih rileks, elastis, dan tidak kau. Selaindari itu dengan berolah raga dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Baik lemak yang terseimpan di otot maupun lemak yang ada di dalm darah, sehingga akan mengurangi seriko penimbunan lemak yang akan mengganggu aliran darah ditubuh anda.
  2. Tidur dengan memiringkan tubuh ke sebalah kanan, rasululoh SAWmemberikan sauru tauladan dengan mccontohkan agar ketika tidur sebaiknya kita memiinkan tubuh ke sebalah kanan, seteah di teliti ternya tidur dengan memiringkan tubuh kesebelah kanan dapat membuat rongga janung anda menjadi luas sehingga kerja natung menjadi lebih ringan. Jadi hidarilah tidur dengan memiringkan tubuh ke kiri karena hal tersebut akan membuat jantung anda tertindih dan kerjanya menjdai kurang optimal.

Dengan melakukan beberapa hal di atas maka anda telah menjaga kesehatan jantung Anda dengan baik.bisa dilihat di alinablog

Author: suci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *