5 Tips Mencari Rumah di Kawasan Perumahan

5 Tips Mencari Rumah di Kawasan Perumahan

Salah satu lokasi di mana Anda bisa mendapatkan rumah tinggal yang memiliki fasilitas cukup lengkap dan juga lokasi yang cukup bagus adalah mencarinya di perumahan. Namun jika Anda mencari yang harganya murah, maka Anda juga harus ingat bahwa tidak semua perumahan murah akan memiliki fasilitas ataupun model rumah yang mungkin Anda inginkan.

Daya tarik utama dari perumahan harga murah yang bersubsidi seperti perumahan yang dikelola oleh Perumnas adalah harganya yang sangat terjangkau. Biasanya perumahan seperti ini memang ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah, dengan model rumah yang kecil dan sederhana, serta syarat yang cukup ketat untuk bisa mengajukan kredit rumah. Anda yang sedang mengincar rumah di lokasi seperti ini sebaiknya mencari informasi lebih lanjut agar tak kecewa.

Ketika Anda membeli rumah di kawasan perumahan, baik itu perumahan bersubsidi atau tidak, tetap saja ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Ini dia:

  1. Survei lapangan

Tidak semua perumahan memiliki kondisi yang sama. Periksa langsung ke lapangan untuk memastikan bahwa Anda menyukai rumah yang akan Anda beli tersebut.

  1. Periksa status rumah

Apakah rumah sudah berstatus siap huni di mana Anda bisa langsung membeli dan menempatinya, ataukah masih indent di mana Anda harus menunggu paling tidak setengah tahun untuk sampai rumah selesai dibangun.

  1. Wawancara dengan pengembang

Datangi langsung pengembang perumahan dan lakukan wawancara sehingga Anda mendapatkan gambaran bagaimana pengembang tersebut dan cara kerja mereka.

  1. Kelengkapan sertifikat rumah

Pastikan bahwa rumah mempunyai surat-surat dan sertifikat yang lengkap, serta bebas dari sengketa dan masalah.

  1. Tentang pembayaran

Tanyakan apakah Anda bisa memutuskan sendiri di mana Anda bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah, sehingga Anda bisa memilih mana yang paling menguntungkan.

Di dalam perumahan murah tersebut biasanya juga ada periode yang disebut dengan masa pemeliharaan. Di sinilah kesempatan bagi Anda untuk memperbaiki jika ada masalah di rumah selama ditempati, seperti atap yang bocor, dinding retak, fasilitas belum lancar, dll. Biasanya dalam periode ini Anda bisa mendapatkan perbaikan gratis dari pengembang, atau harga yang lebih murah.

Author: Alina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *