Blogger perempuan indonesia

Beberapa Macam Alat Kontrasepsi Yang Baik Dan Aman

Kita pernah sering mendengar sebuah slogan yang berbunyi keluarga bahagia cukup dua anak saja. Melalui dinas terkait yaitu BKKBN, pemerintah mencanangkan program tersebut supaya tidak banyak ketimpangan dalam masyarakat Indonesia sehingga nantinya akan tercipta keluarga yang sejahtera dan harmonis. Masalah jumlah penduduk menjadi masalah yang cukup pelik bagi pemerintah, karena dari masalah ini akan menimbulkan masalah-masalah misalnya pengangguran dan kriminalitas.

Faktor ini akan berdampak pada buruknya kondisi ekonomi masyarakat dan tidak sedikit pula yang melakukan tindak kejahatan hanya karena gara-gara kebutuhan ekonomi. Taraf hidup perekonomian masyarakat Indonesia sangat jauh dibandingkan dengan negara lain, bahkan dengan negara tetangga saja kita sudah sangat jauh tertinggal. Dengan latar belakang seperti itu, banyak keluarga Indonesia yang memutuskan untuk ikut serta mencanangkan program tersebut yang telah diupayakan oleh pemerintah, angka kelahiran yang tinggi tidak diimbangi dengan angka kematian. Program keluarga berencana ini dimaksudkan untuk membentuk sebuah keluarga yang sejahtera dan sehat dengan persyaratan harus membatasi kelahiran anak dengan cara memakai alat kontrasepsi yang akan membantu dan menjalankan program keluarga berencana saat pasangan suami istri sedang melakukan hubungan badan.

Beberapa Macam Alat Kontrasepsi Yang Baik Dan AmanPengertian alat kontrasepsi adalah alat yang bertujuan untuk menghambat terjadinya pembuahan saat berhubungan intim dan tentu saja tidak akan menyebabkan kehamilan. Alat kontrasepsi memiliki fungsi sebagai alat pengendali bertambahnya jumlah penduduk dan macam-macam dari alat ini sangat beraneka ragam tergantung anda ingin jenis yang mana yang akan anda pakai bersama pasangan anda. Di bawah ini adalah beberapa macam alat kontrasepsi yang akan anda pakai nantinya dan menghambat pertumbuhan jumlah penduduk, yaitu :

  1. Pil KB
    Pil ini sudah sangat populer khususnya untuk kaum perempuan. Manfaatnya adalah dapat mengatur siklus menstruasi sehingga lebih teratur, mengurangi kram dan rasa nyeri saat menstruasi. Jika anda kaum perempuan sudah tidak memakai pil ini, maka kesuburan anda nantinya akan pulih kembali. Pil ini harus anda minum secara teratur agar hamil kemungkinan tidak akan terjadi.
  1. Suntik KB
    Alat kontrasepsi yang kedua masih tetap berhubungan dengan kaum perempuan yang mengikuti program KB selama 3 bulan. Hal tersebut untuk mencegah pelepasan sel telur atau ovulasi. Dengan seringnya melakukan suntik KB maka kehamilan akan menjadi terhambat. Suntik KB merupakan cara yang sangat murah dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya perempuan.
  1. Spiral / IUD
    Masih untuk perempuan, alat ini sangat populer di mata para perempuan. Intra Uterin Device atau IUD atau juga spiral adalah alat yang akan dimasukkan ke dalam rahim yang berbentuk spiral. Alat ini banyak dipakai perempuan karena kenyamanannya, tetapi dalam pemasangannya harus dibantu oleh dokter dengan menggunakan alat khusus, alat ini akan mencegah sperma bersarang dan bersatu dengan sel telur di dalam rahim. Jika anda ingin hamil kembali, maka anda dapat melepasnya antara 2 sampai 5 tahun.
  1. Kondom
    Alat kontrasepsi yang sudah menjadi legenda untuk kaum pria ini dapat mencegah kehamilan dengan cara menutupi alat kelamin pria agar sperma tidak dapat masuk ke dalam rahim dan bersatu dengan sel telur. Terbuat dari karet lateks yang sangat tipis yang dapat mencegah kehamilan serta menghambat penularan HIV dan AIDS.

Itulah diantaranya alat kontrasepsi yang populer yang sering dipakai oleh perempuan dan laki-laki untuk menghambat kehamilan supaya tidak bertambahnya jumlah penduduk.