Cara Memilih Premi Asuransi Mobil Yang Murah

Asuransi kendaraan untuk saat ini menjadi hal yang banyak dilakukan orang-orang setelah mereka mempunyai mobil. Hal ini menjadi suatu hal yang wajar mengingat betapa bahayanya jalan raya bagi keselamtan. Setiap hari pasti ada orang-orang yang meninggal dunia di jalan raya, belum lagi kerusakan kendaraan yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut salah satunya dengan mengikutsertakan kendaraan yang dimiliki dengan asuransi kendaraan.

Dengan mempunyai asuransi kendaraan atau mobil, segala kerugian yang diakibatkan dari kecelakaan atau kejahatan dapat dialihkan kepada pihak asuransi kendaraan. Namun tentunya tidak mudah juga untuk memilih perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, karena dalam asuransi diterapkan juga yang namanya premi atau biaya bulanan yang harus dikeluarkan oleh tertanggung (pemilik mobil) kepada perusahaan asuransi. Besarnya biaya atau premi akan ditentukan oleh beberapa hal. Sehingga bagi anda penting sekali mengetahui cara memilih premi asuransi mobil yang murah tetapi layanan yang diberikannya dapat semaksimal mungkin, dan berikut ini diantaranya:

Cara Memilih Premi Asuransi Mobil Yang Murah

  1. Membandingkan preminya. Sebelum anda memilih perusahaan asuransi maka sebaiknya anda bandingkan terlebih dahulu tentang biaya preminya. Hal ini karena setiap perusahaan asuransi selalu berbeda-beda dalam menentukan biaya preminya, walaupun mengenai masalah ini sudah diatur oleh OJK tetapi tetap saja selalu ada perbedaan antar perusahaan asuransi. Sehingga dengan anda mengetahui biaya premi tiap perusahaan anda dapat menentukan asuransi mana yang akan anda pilih, yang tentunya juga menguntungkan bagi anda dan tidak memberatkan keuangan keluarga anda. Dan untuk mengetahui perbandingan antara biaya premi masing-masing perusahaan asuransi anda dapat mencarinya pada media internet atau jika anda mempunyai seorang teman yang pernah asuransi maka anda dapat menanyakannya.
  2. Jangan mudah terayu dengan memilih premi murah. Premi yang murah memang menjadi keinginan setiap kita yang akan melakukan asuransi kendaraan. Namun adanya premi murah ini tidak menjadi jaminan akan bagusnya asuransi yang ditawarkan, terlebih lagi dengan pelayanan dan fasilitasnya. Oleh sebab itu walaupun preminya murah dan sesuai dengan keinginan anda, alangkah lebih baiknya jika anda terlebih menanyakan tentang bagaimana fasilitasnya, pelayanannya, dan lain sebagainya. Atau jika perlu anda dapat bertanya kepada nasabah yang pernah mengasuransikan kendaraannya disana. Sehingga anda dapat mengetahui bagaimana kualitas dari perusahaan asuransi tersebut. Karena ada juga perusahaan asuransi yang menawarkan harga yang murah tetapi bagus juga dalam pelayanannya.
  3. Jenis asuransi yang dipilih. Untuk jenis asuransi ini akan terbagi kepada dua yaitu asuransi yang menyeluruh atau comprehensive ( all risk ). Dimana dalam asuransi ini pihak asuransi bertanggung penuh terhadap segala kejadian yang terjadi pada kendaraan. Dan juga jenis asuransi total lost only (TLO), dalam jenis asuransi ini pihak asuransi hanya akan bertanggung jawab jika kerusakan yang terjadi melebihi 75%, dan jika kurang maka perbaikan kembali kepada pemiliknya.
Author: Alina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *