Anak

Gizi Utama saat Pertumbuhan Anak

Makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak adalah makanan yang berbeda dengan yang biasa dikonsumsi orang dewas. Hal ini terkait dengan masa pertumbuhan anak yang tentu memiliki kebutuhan gizi lebih banyak agar perkembangan otak dan fisiknya maksimal. Perkembangan otak ini juga berkenaan dengan tingkat kecerdasan pada anak. Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang cerdas, maka dari itu gizi pada setiap makanan harus diperhitungkan.

Kebutuhan gizi seorang anak yang sangat mempengaruhi kecerdasan mereka adalah saat anak memasuki awal masa usia sekolah. Saat masa ini pertumbuhan pada anak akan mengalami masa transisi. Berikut ini gizi-gizi yang diperlukan anak usia sekolah:

• Karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi. Bisa berasal dari beraas, gandum, ubi-ubian.
• Protein. Pembangunan dan perbaikan sel-sel tubuh sangat memerlukan protein.
• Zat besi. Anak membutuhkan zat besi untuk mencegah anemia. Contoh makanan yang mengandung zat besi adalah daging sapi dan bayam.
• Asam folat. Asam folat sangat penting untuk pembelahan sel dan produksi sel darah merah.
• Vitamin A dan C. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata anak, sedangkan vitamin C untuk daya tahan tubuh anak.

Pada dasarnya gizi yang diperlukan saat pertumbuhan anak juga ada lemak, zink, yodium, dan vitamin-vitamin lain. Maka dari itu pelajari baik-baik kandungan makanan yang dikonsumsi anak Anda, karena tumbuh kembang mereka adalah hal yang sangat penting.

Author: Alina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *